Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menambah Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) di Kecamatan Penarik untuk mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) bagi warga di wilayah tersebut.

"Kita akan adakan  UPTD pelayanan adminduk di Kecamatan Penarik seperti di Kecamatan Ipuh, tetapi untuk sementara kita uji coba," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mukomuko Epin Masyuardi di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, instansii tahun ini mengusulkan anggaran untuk pembelian sarana dan prasarana penunjang UPTD, termasuk pembelian peralatan untuk memberikan pelayanan perekaman data hingga pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el).

 
Ia berharap, mudah-mudahan usulan anggaran untuk kegiatan pembelian berbagai peralatan untuk pembuatan administrasi kependudukan diakomodasi tahun 2024.
 
"Kita membutuhkan anggaran sebesar Rp150 juta hingga Rp200 juta untuk membeli berbagai peralatan pembuatan administrasi kependudukan," ujarnya pula.
 
Ia mengatakan, sebenarnya instansinya bisa mengoperasikan UPTD di Kecamatan Penarik dalam tahun ini, namun instansinya keterbatasan peralatan, peralatan yang ada di dinas ini untuk memberikan pelayanan di kantor dan wilayah Kecamatan Ipuh dan sekitarnya.
 
Ia menambahkan, setiap UPTD di daerah ini membutuhkan tiga unit komputer, satu seat alat perekaman data KTP-el termasuk alat pencetakan kartu identitas penduduk.
 
Terkait dengan payung hukum pendirian UPTD di wilayah Kecamatan Ipuh, katanya, menunggu penerbitan peraturan bupati (perbup) yang mengatur tentang organisasi UPTD tersebut dalam melakukan aktivitas pelayanan pembuatan administrasi kependudukan.
 
"Dalam waktu dekat ini pemerintah akan menerbitkan perbup UPTD khusus pelayanan pembuatan administrasi kependudukan di wilayah Kecamatan Ipuh," ucapnya.
 
Ia memprogramkan, seluruh tempat pelayanan pembuatan administrasi kependudukan dan tempat pelayanan lain di dinas ini menjadi UPTD agar mereka bisa mengelola organisasi sendiri dan mendapatkan alokasi anggaran khusus untuk menjalankan kegiatannya.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023