Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Hidayah Kota Bengkulu mencatat sejak beberapa bulan terakhir telah menyalurkan 500 ton air bersih untuk masyarakat yang membutuhkan akibat musim kemarau di wilayah tersebut.

Direktur Perumda Tirta Hidayah Samsu Bahari di Bengkulu Rabu mengatakan, untuk masyarakat yang mengalami kekeringan dan membutuhkan bantuan air bersih dapat meminta bantuan dengan menyampaikan surat ke Perumda Tirta Hidayah atau PDAM Kota Bengkulu melalui ketua rukun tetangga (RT) masing-masing atau menghubungi nomor layanan 0852-1600-0788.
 
"Kami berupaya semaksimal mungkin melayani masyarakat di bidang air bersih, beberapa hari terakhir ada masalah di pipa transmisi yang mengakibatkan beberapa daerah mengalami kekeringan. Kami akan melayani masyarakat walaupun tidak melalui jaringan, kita melewati mobil tanki," katanya.

Samsu Bahari menjelaskan, untuk melayani bantuan air bersih dari PDAM tersebut terbuka untuk seluruh masyarakat di Kota Bengkulu termasuk untuk warga yang tidak berlangganan, namun karena keterbatasan armada, diharapkan agar masyarakat tetap bersabar karena pihaknya tidak bisa melayani masyarakat dengan cepat.
 
Sebab, kata Samsu, kekeringan merupakan isu nasional, bukan hanya Bengkulu yang mengalami kekeringan bahkan kota kota di Indonesia juga mengalaminya.

Katena itu, dirinya berharap kepada seluruh masyarakat dapat memahami dan memaklumi kondisi saat ini, sebab sumber air baku Perumda Tirta Hidayah Kota Bengkulu yang berada di Sungai Bengkulu dan Sungai Jenggalu menurun debitnya karena kekeringan.
 
Sementara itu, untuk bantuan air bersih, masyarakat dapat menyiapkan tempat penampungan yang dapat dijangkau selang mobil tangki sepanjang lima meter dan satu mobil tanki tersebut dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk lima hingga tujuh rumah warga.
 
"Bantuan air bersih ini gratis, jika ada masyarakat yang membutuhkan silahkan hubungi Perumda Tirta Hidayah Kota Bengkulu dengan melampirkan alamat yang lengkap," katanya.
 
Selain itu, pihaknya juga melakukan pembersihan dan pengerukan tangki agar dapat menampung air lebih banyak untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan.

"Upaya pertama dalam mengatasi masalah tersebut kami melakukan pembersihan atau pengerukan tangki sehingga dapat menampung air lebih banyak," kata Samsu.
 
Dengan demikian, dirinya meminta maaf kepada seluruh pelanggan Perumda Tirta Hidayah Kota Bengkulu karena dalam pendistribusian air ke pelanggan terganggu, terutama yang jaraknya jauh dari reservoar dan daerah-daerah yang letaknya di dataran tinggi akibat tidak bisa maksimalnya dalam produksi air bersih.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023