Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu menyebutkan pendistribusian logistik untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tahap pertama, sebanyak 3.100 kotak suara telah tiba di gudang penyimpanan.
 
"Hari ini kloter pertama untuk kotak suara sudah sampai berjumlah 4.943 kotak yang sampai pada kloter pertama sebanyak 3.001 kotak, lalu kloter kedua akan segera menyusul," kata Ketua KPU Kota Bengkulu Rayendra Firasad di Kota Bengkulu, Sabtu.
 
Untuk tahap kedua, kotak suara saat ini sedang dalam perjalanan, sedangkan untuk logistik lainnya seperti bilik suara dalam proses distribusi ke gudang di Kota Bengkulu.
 
Untuk penjagaan logistik telah dilakukan jauh-jauh hari oleh anggota kepolisian, selain itu, anggota juga mendirikan pos di Kantor KPU dan Bawaslu Kota Bengkulu guna memberikan rasa aman jelang proses Pemilu 2024.
 
Sementara itu, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bengkulu menyiagakan 20 personel untuk menjaga keamanan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) di Kota Bengkulu.
 
Disiagakannya personel tersebut dilakukan guna memastikan keamanan dan kenyamanan anggota KPU dan Bawaslu Kota Bengkulu dalam menjalankan tugasnya melaksanakan segala tahapan Pemilu 2024.
 
Menurut dia, anggota KPU dan Bawaslu memiliki peran yang sangat penting dalam menyukseskan Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kota Bengkulu.
 
Untuk 20 personel tersebut terbagi di dua lokasi yaitu 10 anggota di Kantor KPU dan 10 orang di Kantor Bawaslu, kemudian anggota kepolisian tersebut akan bertugas secara bergantian.
 
Diketahui, KPU Kota Bengkulu menyiapkan empat ruko tambahan untuk penyimpanan logistik kebutuhan pelaksanaan Pemilu pada 2024.
 
Lokasi tersebut akan digunakan menyimpan logistik pada Pemilu 2024, dimana logistik tahap pertama telah dipesan.
 
"Kita siapkan di eksternal ada empat ruko dan kita juga gunakan gudang yang berada di Kantor KPU Kota Bengkulu. Kita telah menyiapkan gudang untuk ditempatkan logistik artinya kita tinggal menunggu saja logistik tahap pertama yang telah dipesan," terang Rayendra.
 
Ruang penyimpanan di empat ruko tersebut akan dilakukan penjagaan oleh pihak keamanan jika gedung sudah diisi dengan logistik Pemilu 2024.
 
Sementara itu, usulan pertama berkenaan dengan perlengkapan pemungutan suara berupa kotak suara, tinta, bilik pemungutan suara, segel, alat untuk mencoblos dan keperluan lainnya.
 
Untuk, pada usulan tahap ke dua masih menunggu penetapan daftar calon sementara (DCT) dan nantinya pihaknya akan melakukan pemesanan surat suara ke KPU RI.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023