Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu menyebutkan sebanyak 560 orang pindah domisili dan masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Bengkulu Bambang Meiliansyah mencatat 560 pemilih tersebut terdiri atas 163 orang masuk ke Kota Bengkulu dan 397 orang keluar domisili dari Kota Bengkulu.
 
"Jumlah daftar pemilih di Kota Bengkulu terus mengalami perubahan karena banyak masyarakat pindah tempat tinggal dan dari hasil rekapitulasi KPU Kota Bengkulu hingga saat ini ada 560 DPTb," katanya di Kota Bengkulu, Jumat.
 
Untuk alasan pemilih atau masyarakat tersebut pindah menjelang Pemilu 2024 dikarenakan mereka pindah tempat tinggal, pindah tugas, melakukan rehabilitasi narkoba, menjadi tahanan, dan lain sebagainya, kata dia.
 
Oleh karena itu, terang Bambang, pihaknya mengimbau masyarakat untuk melakukan pengecekan data pemilih secara daring guna memastikan namanya terdaftar dalam daftar pemilih tetap DPT pada Pemilu 2024.
 
Untuk masyarakat atau DPTb yang ingin mengecek atau memeriksa DPT dapat mengakses website cekdptonline.kpu.go.id dan nantinya memasukkan nomor KTP, beber dia.
 
"KPU Kota Bengkulu mengimbau masyarakat untuk mengecek data DPT secara daring dan bila belum terdaftar di DPT Pemilu 2024, masyarakat bisa melapor ke Kantor Komisi Pemilihan Umum terdekat," ujarnya.
 
Bambang menjelaskan pengecekan data pemilih tersebut dilakukan guna memastikan namanya terdaftar dalam data pemilih dan berhak menyalurkan hak suaranya pada pesta demokrasi pada Pemilu 2024.
 
Selain itu, kata dia, masyarakat dapat mengurus pindah pemilih tersebut dapat dilakukan paling lamban tujuh hari sebelum pemilihan atau tepatnya pada 7 Februari 2024.
 
"Harapan kita supaya masyarakat untuk cepat mengurus pindah pemilih jika dalam kondisi pemilih yang bersangkutan tidak bisa hadir ke TPS sesuai dengan DPT, maka diimbau segera cek DPT daring supaya mengetahui ke TPS mana yang kita gunakan pada hari pemilihan," terang Bambang.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023