Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menetapkan sebanyak 13 kelompok usaha bersama (KUB) nelayan di daerah ini sebagai calon penerima bantuan mesin tempel tahun 2023.
 
"Sebanyak 13 KUB nelayan yang menerima bantuan tersebut tersebar di sejumlah wilayah daerah ini. Setiap kelompok nelayan menerima bantuan masing-masing satu unit mesin tempel," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Edy Aprianto di Mukomuko, Minggu. 
 
Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko tahun 2023 mendapatkan dana alokasi umum sebesar Rp335 juta untuk membeli sebanyak enam unit mesin tempel ukuran 25 PK hingga 40 PK untuk KUB nelayan. 
 
Kemudian instansi ini, katanya, kembali mendapatkan alokasi anggaran dari APBD perubahan 2023 untuk membeli sebanyak tujuh unit mesin tempel untuk KUB nelayan. 
 
Karena ada penambahan sebanyak tujuh unit mesin tempel di APBD perubahan, katanya, sehingga pembelian dilakukan sekaligus dengan jumlah mesin tempel yang akan dibeli tahun ini menjadi sebanyak 13 unit.
 
Terkait dengan pembagian sebanyak 13 unit mesin tempel kepada KUB nelayan, ia mengatakan, akan dilakukan secepatnya dalam tahun ini juga.
 
"Saat ini sedang berjalan proses pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk pembelian mesin tempel, kemungkinan kegiatan ini dapat diselesaikan sebelum berakhir tahun anggaran," ujarnya. 
 
Ia mengatakan, instansinya menggunakan sistem pengadaan barang melalui e-katalog untuk membeli sebanyak 13 unit mesin tempel ukuran 15, 25, dan 40 PK untuk KUB nelayan setempat.   
 
Ia menyatakan, pihaknya menggunakan sistem pengadaan sebanyak enam unit mesin tempel melalui e-katalog karena mesin tempel berkapasitas 15, 25 hingga 40 PK tersebut tersedia di pabriknya.
 
Selain itu, menurutnya, proses pengadaan barang dan jasa menggunakan sistem e-katalog lebih cepat dibandingkan melalui kontraktor atau pihak ketiga pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023