Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, berkomitmen menciptakan pelaksanaan Pemilu 2024 di daerah ini aman, lancar, dan damai.

Ketua Bawaslu Rejang Lebong Ahmad Ali usai menggelar Apel Siaga Deklarasi Pemilu Damai dan Tertib Kampanye Pemilu 2024 di Lapangan Dwi Tunggal Kota Curup, Kamis, mengatakan Pemilu Serentak 2024 merupakan pesta demokrasi lima tahunan Bangsa Indonesia sehingga semua elemen masyarakat wajib menyukseskan.

"Kepada seluruh hadirin kita satukan tekad, kita menjadikan Pemilu 2024 di Kabupaten Rejang Lebong nantinya dapat berjalan aman dan damai," kata dia.

Dia menjelaskan untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu tahun depan seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten Rejang Lebong diminta agar bekerja semaksimal mungkin dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024 sehingga tidak ada peserta yang melakukan pelanggaran saat masa kampanye yang akan dimulai 28 November 2023.

Komandan Kodim 0409/Rejang Lebong Letkol Inf Moch Renaldy Herbowo dalam kegiatan ini menyampaikan pihaknya baik dari jajaran TNI, Polri hingga kejaksaan setempat berharap agar pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Rejang Lebong berjalan dengan aman, lancar, dan tidak ada permasalahan dalam pelaksanaan.

"Jaga persaudaraan dalam kegiatan Pemilu 2024 nanti, jangan sampai terpecah belah dan timbul permusuhan dalam masyarakat," tegasnya.

Sedangkan Wakil Ketua I DPRD Rejang Lebong Surya menyatakan Pemilu 2024 diharapkan berjalan damai, demokratis untuk mewujudkan kedaulatan pemilihan, pemilu tanpa hoaks, politisasi SARA, politik uang, tunduk, dan patuh pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kuncinya ialah terjalinnya komunikasi yang baik antara pemda, penyelenggara, kepolisian, kejaksaan, dan pimpinan partai politik sehingga pelaksanaan pesta demokrasi berjalan damai, tertib, dan berintegritas," jelas Surya.

Asisten I Pemkab Rejang Lebong Pranoto Majid mengungkapkan dengan upaya dan kerja keras bersama untuk mengantisipasi potensi permasalahan Pemilu 2024 diharapkan bisa menjadi pesta demokrasi yang demokratis.

"Adanya deklarasi pemilu damai yang ditandatangani seluruh peserta pemilu sehingga berbagai potensi kerawanan yang muncul dapat dicegah. Ini menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga pemilu 2024 berjalan aman dan kondusif," demikian Pranoto.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023