Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan 15 sekolah untuk penilaian Adiwiyata tingkat Provinsi Bengkulu dan nasional tahun 2026.

"Ada 15 sekolah binaan tahun 2023, belasan sekolah ini diusulkan untuk ikut penilaian pada tahun 2026," kata Kabid Penataan, Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko Deni di Mukomuko, Senin. 

Ia menyebutkan, sebanyak 15 sekolah ini, yakni SDN 3 Lubuk Pinang, SDN 3 Teras Terunjam, SDN 5 Pondok Suguh, SDN 11 Penarik, SDN 10 Teramang Jaya, SDN 6 Selagan Raya, SDN 9 Ipuh, SDN 8 Air Rami, dan MIN 1 Mukomuko.
 
Kemudian, lanjutnya, SMPN 12 Mukomuko, SMPN 4 Mukomuko, SMPN 17 Mukomuko, SMPN 22 Mukomuko, SMPN 45 Mukomuko, MTSN 4 Mukomuko.
 
Ia mengatakan, instansinya pada tahun 2023 melakukan pembinaan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS), lalu tahun 2024 pihak sekolah melaksanakan gerakan gerakan PBLHS.
 
Ia menambahkan, setelah minimal satu tahun pelaksanaan gerakan PBLHS, baru lah pihak sekolah mengusulkan diri untuk dilakukan penilaian oleh tim penilai Adiwiyata Kabupaten Mukomuko, sesuai dengan ketentuan dan syarat penilaian.
 
Ia menargetkan, seluruh sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini meraih predikat Sekolah Adiwiyata, tetapi semua itu kembali kepada kesanggupan setiap sekolah.
 
"Ada sekolah yang direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang menolak dan mengundurkan diri karena mereka tidak sanggup memenuhi persyaratan sebagai sekolah adiwiyata," ujarnya.
 
Ia menyebutkan, saat ini sebanyak 33 sekolah di daerah ini yang telah meraih predikat Sekolah Adiwiyata mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional.
 
Dari sebanyak 33 sekolah tersebut, sebanyak sembilan sekolah di antaranya meraih predikat Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi dan lima sekolah meraih predikat Sekolah Adiwiyata tingkat nasional
 
"Data terbaru MAN 1 Mukomuko meraih Adiwiyata tingkat Nasional 2023," demikian Deni.
 

Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023