Mukomuko (Antara) - Harga sayur mayur terutama cabai dan bawang yang dijual pedagang di pasar tradisional Kelurahan Koto Jaya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Minggu, mulai berangsur turun.

"Harga cabai merah sekarang turun dari Rp36.000 menjadi Rp24.000 per kilogram," kata pedagang sayuran di pasar tradisional Kelurahan Koto Jaya Putri, di Mukomuko, Minggu.

Begitu juga dengan harga cabai rawit, katanya, dari pekan lalu sebesar Rp40.000 turun menjadi Rp30.000 per kilogran.

Selain itu, sebutnya, harga bawang merah juga mengalami penurunan sebesar Rp4.000 per kilogram dari pekan lalu sebesar Rp28.000 menjadi Rp24.000 per kilogram.

"Hanya harga bawang putih yang stabil sebesar Rp20.000 per kilogram," ujarnya.

Sementara itu, lanjutnya, untuk beberapa jenis sayuran justru mengalami kenaikan harga seperti kol dari Rp3.000 menjadi Rp3.500 per kilogram. Sedangkan harga tomat masih stabil sebesar Rp6.000 per kilogram.

Ia menerangkan, harga cabai merah, cabai rawit, dan bawang merah turun karena pasokan sayuran ini dari petani melimpah. Selain permintaan masyarakat saat ini turun dibandingkan sebelum puasa.

"Harganya kemungkinan naik lagi menjelang hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah," ujarnya.

Petugas Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Fera mengatakan harga cabai merah turun karena banyak pedagang yang menjual cabai merah.

"Hampir setiap pedagang di pasar ini menjual cabai merah jadi harganya turun," ujarnya. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015