Rejanglebong (Antara) - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejanglebong  Provinsi Bengkulu, menyebutkan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) di daerah itu saat ini mencapai 99 persen.

"Dari 184 jemaah calon haji untuk keberangkatan musim haji tahun ini yang sudah melunasi BPIH sebanyak 180 JCH atau berkisar 99 persen, untuk empat yang belum lunas ini masih menunggu tahap kedua pelunasan BPIH dari Kemenag pusat," kata Kepala Kemenag Kabupaten Rejanglebong, CH M Naseh di Rejanglebong, Selasa.

Masa pelunasan BPIH reguler 2015 yang ditetapkan Kemenag pusat, kata dia, untuk tahap pertama ditetapkan terhitung 1 - 30 Juni, dan masa pelunasan kedua pada 7 - 13 Juli mendatang, dengan besaran Rp34 juta lebih yang disesuaikan dengan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika saat ini.

Untuk kalangan JCH Rejanglebong yang akan berangkat haji pada tahun ini tambah dia, sebanyak 184 orang, dengan usia termuda berumur 18 tahun dan JCH tertua berumur 79 tahun.

Rombongan JCH asal daerah itu akan tergabung dengan kelompok terbang (Kloter) sembilan bersama dengan JCH dari lima daerah yakni Kabupaten Rejanglebong, Kota Bengkulu, Kepahiang, Benteng dan Kabupaten Bengkulu Selatan.

Rombongan CJH Rejanglebong ini rencananya akan berangkat pada 1 September, jadwal ini mengalami perubahan dari Kemenag pusat yang sebelumnya pada 20 Agustus mendatang.

Para CJH ini akan berangkat dari Rejanglebong yang akan dilepas dari Masjid Agung Baitul Makmur menuju ke asrama haji Bengkulu dan keesokan harinya diterbangkan melalui embarkasi Antara bandara Fatmawati Bengkulu kemudian transit ke embarkasi Padang dan selanjutnya meneruskan perjalanan ke Madinah.

Rute penerbangan haji tahun ini, kata dia, berbeda dengan tahun sebelumnya dan lebih singkat sembilan jam perjalanan, karena dari Indonesia langsung ke Madinah.

Sedangkan sebelumnya dari Indonesia ke Jeddah, dan kemudian meneruskan perjalanan ke Madinah dengan naik bus selama sembilan jam perjalanan.

Untuk bahan persiapan CJH setempat, ia menjelaskan, setelah masa pelunasan BPIH akan melakukan vaksinasi menengitis, pemeriksaan kesehatan maupun pelaksanaan manasik haji tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan setelah hari Idul Fitri nanti.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015