Sebuah unggahan video di TikTok menarasikan bahwa kini, Israel dan Amerika melakukan hal serupa, yaitu memboikot produk yang berasal dari Indonesia.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Giliran Amerika dan Israel memboikot produk Indonesia”
 
Unggahan video hoaks yang menarasikan Israel dan AS memboikot produk Indonesia. Faktanya, isi video tersebut tidak sesuai dengan narasi judul. (TikTok)


Namun, benarkah pernyataan Israel dan AS boikot produk makanan dari Indonesia?

Dengan meningkatnya konflik antara Hamas dan Israel di wilayah Gaza yang berubah menjadi tragedi kemanusiaan, seruan boikot produk yang terafiliasi dengan Israel mendapat perhatian di Indonesia. Media sosial pun dipenuhi dengan daftar produk yang diduga berkaitan dengan Israel.

Baca juga: Hoaks atau Fakta: Internet Indonesia Diputus 1 Desember 2023?

Namun, sebuah unggahan video di TikTok baru-baru ini mengklaim bahwa Amerika dan Israel membalas dengan memboikot produk asal Indonesia.

Setelah penelusuran mendalam, klaim tersebut terbukti tidak benar. Video yang beredar tersebut merupakan editan dan tidak sesuai dengan konteks aslinya.

Video ini ternyata potongan dari unggahan ulang di akun Facebook pembawa berita, Ethan Forhetz, dan bukan tentang boikot produk makanan Indonesia. Judul asli video tersebut adalah “Ethan Forhetz melaporkan 'sketsa' tersangka pencuri”, yang diunggah pada 13 Februari 2018.

Hingga saat ini, tidak ada bukti atau pengumuman resmi yang mendukung klaim bahwa Israel dan Amerika Serikat memboikot produk makanan dari Indonesia. Oleh karena itu, klaim tersebut dapat dipastikan merupakan hoaks.

Klaim: Israel dan AS boikot produk makanan dari Indonesia

Rating: Hoaks

Pewarta: Tim JACX

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023