Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Bengkulu menyebutkan hingga saat ini sebanyak 26.998 warga tidak mampu di wilayah tersebut telah memanfaatkan program BPJS gratis yang dicanangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu.

Program BPJS gratis dari Pemkot Bengkulu merupakan bentuk kepedulian pemerintah dengan menjamin kesehatan warganya, khususnya bagi masyarakat tidak mampu.
 
"Program BPJS kesehatan gratis merupakan salah satu cara Kota Bengkulu hadir untuk mencegah kemiskinan di tengah masyarakat. Bayangkan saja kalau warga Kota Bengkulu belum terdaftar BPJS gratis, mereka bisa terkena sampai Rp60 juta lebih, bahkan sampai ratusan juta di rumah sakit," kata Kepala Bagian Kepesertaan BPJS Kesehatan Bengkulu Ricco Hanggara di Bengkulu, Rabu.
 
Ia menyebutkan program BPJS Kesehatan juga berdampak pada angka kemiskinan di Kota Bengkulu yang mengalami penurunan, sebab program tersebut merupakan intervensi pemerintah dalam membantu masyarakat tidak mampu.
 
"Jadi dengan adanya program BPJS gratis mereka benar-benar terbantu karena di Kota Bengkulu ini BPJS gratis sangat membantu dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," ujarnya.
 
Sebelumnya Pemkot Bengkulu mengusulkan anggaran sebesar Rp15 miliar untuk program BPJS gratis pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2024.
 
Anggaran tersebut digunakan untuk membayar iuran program BPJS Kesehatan untuk 33.000 masyarakat tidak mampu di Kota Bengkulu.
 
"Program BPJS gratis untuk masyarakat Kota Bengkulu akan berlanjut di 2024. Rencana anggaran masih dalam pembahasan di angka Rp15 miliar yang diusulkan oleh BPJS, tetapi kami upayakan bisa memenuhi tersebut dengan mempertimbangkan kondisi keuangan Kota Bengkulu," jelas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bengkulu Gitagama Raniputera.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023