Mukomuko (Antara) - Komando Distrik Militer 0423 Bengkulu Utara, Bengkulu, menyiapkan sedikitnya 100 orang personel untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Mukomuko.

"Kami kami siap dari segi personel. Adapun jumlahnya sebanyak personel pada satuan setingkat kompi, yakni sebanyak 100 personel," kata Perwira Penghubung Kabupaten Mukomuko, Mayor Deksi, mewakili Komandan Distrik Militer (Dandim) 0423 Bengkulu Utara, di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, sedangkan pembagian personel sesuai dengan prosedur tetap (Protap) dan standar operasional prosedur (SOP) dalam pengamanan.

Terkait teknis lain mengenai pengamanan, katanya, pihak akan selalu berkoordinasi dengan kepolisian resor setempat.

"Kami siap 'memback up' pihak kepolisian. Dan tugas kami pada Pemilihan Umum sebelumnya selain pengamanan, juga melaksanakan perintah melaporkan rangkaian pemilu termasuk hasil perolehan suara Pemilu per tempat pemungutan suara (TPS)," ujarnya.

Kewajiban melaporkan hasil Pemilu di TPS dan sampai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU). Walaupun pada Pemilu tahun dahulu tidak dilibatkan dalam pengamanan.

Untuk mendapatkan data yang valid, katanya, pihaknya memotret formulir C1. Dan data yang dilaporkan adalah data valid C1, yang ada dan direkap TPS.

Tugas lainnya, katanya, pihaknya akan memberikan pelatihan kepada ratusan orang personel terkait apa yang harus mereka perbuat dalam rangkaian Pilkada.

Kalau arahan mengenai tugas dan fungsi pengamanan, katanya, sudah diberikan. Yang belum itu yang mereka perbuat selama Pilkada di Kabupaten Mukomuko.***2*** 

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015