Bupati Mukomuko Sapuan mengungkapkan pemerintah daerah tahun 2024 akan kembali menerima dana dalam skema Instruksi Presiden (Inpres) untuk pembangunan jalan di sejumlah wilayah ini termasuk Kecamatan Air Rami. 

"Dana Inpres yang diterima oleh pemerintah daerah ini tahun 2024 diprioritaskan masuk ke wilayah Kecamatan Air Rami," kata Bupati Mukomuko Sapuan di Mukomuko, Minggu. 

Bupati mengatakan hal itu saat kegiatan "Ngopi Bareng" dengan Sesepuh, tokoh masyarakat, para kepala desa, dan BPD se-Kecamatan Air Rami di Desa Arga Jaya sejak beberapa waktu yang lalu. 

Bupati mengungkapkan, bahwa dana Inpres yang akan diterima oleh Kabupaten Mukomuko tahun 2024  terbesar dibandingkan kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu.

"Kami meyakinkan pusat agar dapat kembali, dan mudah-mudahan dana Inpres khusus untuk jalan tahun 2024, yang nomor satu kami masukan Kecamatan Air Rami  untuk pembangunan jalan mulai dari SP 1 sampai SP 6," ujarnya. 

Sementara itu, ia mengatakan, dana Inpres yang diterima Kabupaten Mukomuko tahun 2023 digunakan untuk pembangunan ruas jalan di Kecamatan Malin Deman, Kota Mukomuko, Teras Terunjam dan Penarik.

Selain itu, kata Bupati Sapuan, pembangunan di bidang pendidikan seperti program bantuan seragam sekolah gratis untuk siswa dan renovasi sekolah.

Kemudian pembangunan di bidang kesehatan seperti pembangunan rumah sakit pratama dan di bidang pertanian.

Ia mengungkapkan, daerah ini selain memiliki lahan perkebunan kelapa sawit serta lahan persawahan, dan lahan sawah paling luas di Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan Air Manjunto, Kecamatan IV Koto dan Kecamatan Selagan Raya. Lahan di wilayah ini diairi air irigasi Air Manjunto.

Sementara itu, katanya, daerah ini tahun 2024 akan mendapatakan dana alokasi khusus tematik cukup besar, yakni mencapai hampir Rp20 milliar. (Adv)

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023