Badan Nasional Pencarian dan Penyelamatan (Basarnas) Bengkulu menyiagakan 68 personel untuk berjaga di sejumlah posko terpadu menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024.
 
Kegiatan siaga Natal dan tahun baru tersebut dilakukan selama 21 hari tepatnya sejak 18 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.
 
"Untuk personel yang terlibat sebanyak 68 orang dan akan disebar di beberapa titik posko terpadu yang telah dibentuk oleh pihak terkait," kata Kepala Kantor Basarnas Bengkulu, Muslikun Sodik di Kota Bengkulu, Senin.
 
Untuk lokasi yang menjadi perhatian Kantor SAR Bengkulu yaitu daerah yang rawan bencana seperti Pelabuhan Pulau Baai, Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu, terminal bus, tol Bengkulu - Taba Penanjung serta lokasi wisata yang di khawatirkan terjadi lonjakan wisatawan.
 
Sementara itu, untuk titik fokus pemantauan Kantor SAR Bengkulu pada siaga Natal dan tahun baru yaitu Posko Pantai Panjang Bengkulu.
 
Kemudian Posko Pelabuhaan Pulau Baai, Posko Bandara Fatmawati Soekarno, Posko di Kabupaten Mukomuko, Posko di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Posko di Pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara.
 
Muslikun menyebutkan, kegiatan siaga tersebut merupakan kegiatan tahunan yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya dan dengan dilakukan hal tersebut, siaga bencana di Provinsi Bengkulu berjalan dengan lancar tanpa ada kendala dan musibah lainnya.
 
"Meskipun ini merupakan agenda tahunan, di harapkan personel yang melaksanakan siaga tetap menjalankan dengan sepenuh hati dan ikhlas," ujar dia.
 
Selain menyiagakan personel, Basarnas Bengkulu juga menyiapkan peralatan yang akan digunakan seperti perlengkapan laut terdiri dari KN 213 Bengkulu, Rigid Inflatable Boat (RIB) dan rubber boat atau perahu karet, selanjutnya peralatan darat yang terdiri dari rescue truck, truck personil, rescue car, rescue compartement, recue carrier, rescue trail, ATV dan peralatan SAR darat pendukung lainnya.*

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023