Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak empat objek wisata di daerah ini yang menyampaikan pemberitahuan untuk menyelenggarakan berbagai acara hiburan rakyat untuk mengisi libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
 
Sebanyak empat objek wisata ini, yakni Pantai Batu Kumbang Desa Pulau Baru, objek wisata pantai di Desa Lubuk Bangko, objek wisata Danau Lebar di Kecamatan Teras Terunjam, dan Desa Teluk Bakung Desa Air Hitam.
 
"Empat objek wisata ini cuma menyampaikan surat pemberitahuan, kami tidak mengeluarkan rekomendasi," kata Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mukomuko Riskan di Mukomuko, Minggu..
 
Ia mengatakan, hiburan rakyat yang diselenggarakan oleh empat objek wisata di daerah ini hanya sebatas lokal berupa hiburan organ tunggal guna menarik minat warga setempat berkunjung ke objek wisata ini.
 
Sedangkan beberapa objek wisata lain di daerah ini seperti objek wisata Danau Telaga Biru dan Bendungan Air Manjuto rencananya menyelenggarakan hiburan rakyat, tetapi tidak ada pemberitahuan lebih lanjut.
 
"Informasinya Telaga Biru batal menyelenggarakan hiburan rakyat, sedangkan bendungan bekerja sama dengan pihak lain untuk menyelenggarakan hiburan rakyat tetapi sampai sekarang belum ada pemberitahuan," ujarnya.
 
Terhadap objek wisata yang menyelenggarakan hiburan rakyat pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, katanya, ada surat edaran dari sekretaris daerah agar menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.
 
Ia menjelaskan, surat edaran dari sekda itu bersifat umum, yakni mengajak masyarakat di daerah ini menjaga kamtibmas di fasilitas umum dan tempat ibadah, termasuk di dalam lokasi objek wisata.
 
Sementara itu, pemerintah daerah setempat menetapkan sebanyak 53 destinasi wisata unggulan untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah ini.
 
Dari sebanyak 53 objek wisata, sebanyak 10 objek wisata yang berpotensi berkembang termasuk Pantai Batu Kumbang, Danau Nibung, dan sejumlah pantai lain di daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023