Puskesmas Talang Rimbo Lama, Kecamatan Curup Tengah, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat melalui program Posyandu terintegrasi.

Kepala UPTD BLUD Puskesmas Talang Rimbo Lama Rita Yuliana, S.Kep.Ners menjelaskan puskesmas itu melayani masyarakat dari empat kelurahan/desa, yakni satu kelurahan di Kecamatan Curup Tengah dan satu kelurahan serta dua desa di wilayah Kecamatan Curup Selatan.
 
Ketua GOW Kabupaten Rejang Lebong dan Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong (tengah) saat menghadiri hari bakti IVA 2023 di Puskesmas Talang Rimbo Lama. ANTARA/HO-PKM Talang Rimbo Lama


"Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara langsung Puskesmas Talang Rimbo memperbanyak jumlah posyandu dari 10 posyandu menjadi 13 posyandu, tersebar dalam dua kelurahan dan tiga desa," kata dia.

Dia menjelaskan, penambahan jumlah posyandu ini untuk program unggulan mereka yakni Posyandu Terintegrasi yang meliputi pelayanan balita, ibu hamil, kelompok usia produktif dan lansia.

"Posyandu ini dilaksanakan sebulan sekali, segala usia bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di posyandu ini di kelurahan atau desa masing-masing termasuk posyandu perkantoran secara mobile" terangnya.

Sejauh ini pelayanan kesehatan di Puskesmas Talang Rimbo Lama, tambah dia, sudah memadai dengan didukung oleh satu orang tenaga dokter, bidan, perawat, tenaga gizi, petugas kesehatan lingkungan dan lainnya.

Di puskesmas itu juga telah dilengkapi dengan peralatan USG, masyarakat yang menjadi peserta JKN-KIS dapat memeriksakan kandungannya secara gratis dan pasien umum dikenakan biaya sesuai Perda Rejang Lebong sebesar Rp45.000.

Sepanjang Tahun 2023 ini Puskesmas Talang Rimbo Lama telah menggelar berbagai kegiatan di bidang kesehatan diantaranya kegiatan Jambore Kader Posyandu pada November 2023 lalu.

Program Jambore Kader Posyandu PKM Talang Rimbo Lama ini bertujuan untuk memperkuat pengetahuan dan menumbuhkan semangat kader posyandu sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, mengingat kader posyandu menjadi garda terdepan dalam menurunkan angka stunting.

Selain itu pada Tahun 2023 ini PKM Talang Rimbo Lama juga ditunjuk menjadi tuan rumah hari bakti IVA dan lomba senam CERDIK tahun 2023 tingkat Kabupaten Rejang Lebong. Kegiatan ini dilakukan untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin yang diikuti oleh puluhan ibu-ibu di wilayah kerja puskesmas tersebut, sekaligus mengkampanyekan masyarakat untuk rutin mengikuti POSBINDU PTM.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023