Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 untuk wilayah itu dengan jumlah mencapai 851.884 lembar.

Ketua KPU Rejang Lebong Ujang Maman disela-sela kegiatan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di Gudang KPU Rejang Lebong, Rabu, mengatakan proses penyortiran dan pelipatan suara suara Pemilu 2024 di daerah tersebut melibatkan 115 mahasiswa IAIN Curup dan pegawai THL KPU Rejang Lebong.

"Surat suara yang dilakukan penyortiran dan pelipatan ini untuk pemilihan DPR-RI, DPD, DPRD Provinsi Bengkulu Dapil 4 dan DPRD Kabupaten Rejang Lebong, jumlahnya sebanyak 851.884 lembar. Sedangkan untuk surat suara Pilpres sudah lebih dahulu dilakukan pelipatan," kata dia.

Dia menjelaskan, proses penyortiran dan pelipatan surat suara pemilu untuk empat pemilihan itu sendiri dilaksanakan di Gudang Logistik KPU Rejang Lebong di Kelurahan Batu Galing, Kecamatan Curup Tengah yang ditargetkan selesai delapan hari ke depan.

Surat suara Pemilu 2024 yang dilakukan penyortiran dan pelipatan ini, kata dia, antara lain surat suara pemilihan DPR-RI sebanyak 212.971 lembar, jumlah ini sesuai dengan DPT sebanyak 208.394 orang ditambah cadangan 2 persen atau sebanyak 4.577 lembar.

Selanjutnya ialah surat suara pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Dapil Provinsi Bengkulu sebanyak 212.971 lembar. Kemudian surat suara untuk pemilihan DPRD Provinsi Bengkulu Dapil 4 sebanyak 212.971 lembar.

Sedangkan untuk surat suara pemilihan DPRD Kabupaten Rejang Lebong terbagi dalam empat daerah pemilihan, di mana untuk surat suara pemilihan DPRD Kabupaten Rejang Lebong Dapil 1 sebanyak 56.070 lembar, jumlah ini sudah termasuk 1.000 lembar surat suara untuk pemungutan suara ulang (psu).

Seterusnya surat suara pemilihan DPRD Kabupaten Rejang Lebong Dapil 2 yang sudah termasuk surat suara psu sebanyak 47.053 lembar. Surat suara pemilihan DPRD Kabupaten Rejang Lebong Dapil 3 termasuk surat suara psu sebanyak 49.996 lembar.

Terakhir adalah surat suara pemilihan DPRD Kabupaten Rejang Lebong Dapil 4 ditambah surat suara psu sebanyak 63.852 lembar.

Menurut dia, proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di Kabupaten Rejang Lebong ini akan dilaksanakan di satu tempat yakni di Gudang Logistik KPU Rejang Lebong sehingga memudahkan pemantauan oleh pihaknya, bawaslu dan petugas TNI/Polri setempat.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024