Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah memperketat pengawasan proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mukomuko.

Ketua Bawaslu Mukomuko Teguh Wibowo di Mukomuko, Rabu, menekankan pentingnya memastikan proses tersebut berlangsung sesuai dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).  Bawaslu saat ini fokus pada proses penyortiran dan pelipatan surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden (PPWP).

"Kami melakukan uji petik pada surat suara yang telah diikat untuk memastikan akurasi jumlah dalam setiap ikatan, yang nantinya akan didistribusikan ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Mukomuko," ujarnya.

Teguh mengatakan Bawaslu telah menugaskan tiga orang personel untuk mengawasi proses tersebut. Ia juga mengimbau KPU agar memastikan petugas sortir dan pelipat surat suara bekerja secara profesional dan akurat.

Sementara itu, Ketua KPU Mukomuko, Deni Setiabudi, menyatakan bahwa proses pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024 telah dimulai sejak Jumat, lebih awal dari jadwal semula. Deni mengungkapkan bahwa pelipatan surat suara melibatkan 10 orang masyarakat, dengan total surat suara PPWP yang diproses sebanyak 141.182 lembar.

Lebih lanjut, Deni mengatakan pada 8 Januari, KPU melibatkan sekitar 60 orang masyarakat setempat untuk membantu proses pelipatan di gedung Dharma Wanita Kabupaten Mukomuko.

Proses pelipatan diharapkan selesai sebelum tanggal 23 Januari 2024, termasuk surat suara untuk pemilihan calon presiden dan wakil presiden serta calon Dewan Perwakilan Rakyat RI.

Deni juga menyebutkan bahwa jumlah surat suara yang diterima oleh KPU Mukomuko untuk PPWP adalah 141.273 lembar, dengan rincian surat suara baik, rusak, dan kekurangan. Untuk surat suara DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten, ia menjelaskan distribusi jumlah lembar dan pengemasan dalam box sesuai dengan dapil masing-masing.

Kegiatan ini merupakan bagian penting dalam memastikan integritas proses pemilihan umum, dan Bawaslu serta KPU Mukomuko berkomitmen untuk menjamin proses penyortiran dan pelipatan surat suara dilaksanakan dengan standar tertinggi untuk mendukung Pemilu 2024 yang adil dan jujur.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024