Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengedukasi warga dalam memilah sampah rumah tangga guna mengurangi volume sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di daerah ini.

"Sejauh ini kita di Mukomuko sudah mengajari masyarakat dalam memilah sampah organik. Sekarang ini kita sudah melakukan pengurangan sampah," kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko Budi Yanto di Mukomuko, Kamis.
 
Ia mengatakan, instansinya juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara pengolahan sampah organik menjadi pupuk cair.
 
Kemudian, pihaknya juga memberikan pelatihan tentang cara pembuatan pupuk enzim dari sampah rumah tangga.

Baca juga: KPU coret empat parpol di Mukomuko

Baca juga: Produksi perikanan tangkap Mukomuko capai 24.190 ton

Baca juga: Disperindagkop Mukomuko tertibkan alat ukur di pasar tradisional
 
Selain itu pihaknya juga terus melakukan upaya untuk mengurangi sampah organik serta pengurangan sampah plastik di daerah ini.
 
"Sekarang ini kita berupaya mencari pihak ketiga dan investor karena kita keterbatasan anggaran," ujarnya.
 
Ia berharap pihak ketiga mau melakukan kemitraan dengan DLH untuk mengolah sampah plastik menjadi bernilai ekonomis yang tinggi.
 
"Ini yang sedang lagi kita upayakan dengan pihak ketiga," ujarnya.
 
Mengenai pengangkutan atau transportasi, katanya, pihaknya memiliki delapan unit truk yang terdiri atas dua truk ambrol dan dua truk lepas. Namun hanya satu yang sehat, tiga truk kurang baik kondisinya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024