Mukomuko (Antara) - Petani kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengalihfungsikan lahan perkebunannya  dijadikan sawah.

"Alihfungsi lahan sawit ke sawah itu sudah sejak setahun terakhir sampai sekarang," kata petani kelapa sawit di Desa Tirta Mulya Edi di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan, di desanya saja seluas sekitar dua hektare lahan perkebunan kelapa sawit yang beralihfungsi dari tanaman kelapa sawit ke sawah.

Petani di desanya, katanya, rela mengeluarkan uang untuk menyewa alat berat untuk menumbangkan seluruh tanaman kelapa sawit di lahan perkebunan yang dialihkan ke lahan persawahan.

"Masih banyak lagi petani di desa kami yang rela menghancurkan tanaman kelapa sawit agar lahannya bisa menjadi sawah," ujarnya.

Ia mengatakan, mayoritas lahan perkebunan kelapa sawit yang akan beralihfungsi menjadi lahan persawahan itu berada dalam kawasan irigasi teknis.

Dan lahan perkebunan kelapa sawit yang dialihfungsikan itu, katanya, awalnya persawahan yang selama ini tidak dapat jatah air dari irigasi.

Sekarang, katanya, air irigasi sudah mulai bertahap mengalir di lahan persawahan dekat lahan perkebunan kelapa sawit.

Selain itu, katanya, petani kelapa ingin mengalihfungsikan lahannya itu karena hasil penjualan padi lebih tinggi dari penjualan tandan buah segar (TBS) kelapa sawit. ***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015