Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memastikan anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) mendapatkan jaminan kesehatan dalam menjalankan tugas saat pemilu 2024 di daerah ini.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko Deny Setiabudi di Mukomuko, Rabu, mengatakan pihaknya masih membahas dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk memberikan jaminan kesehatan sebanyak 4.095 anggota KPPS di daerah ini.

"Kita kemarin mendapat telepon dari pihak BPJS Kesehatan terkait jaminan kesehatan untuk anggota KPPS. Mungkin besok kami ketemu dulu bagaimana teknisnya, yang pasti teman-teman (KPPS) ini kami jaminkan kesehatannya," ujarnya.

Ia mengatakan jaminan kesehatan yang diberikan kepada anggota KPPS di daerah ini sampai selesai pemilu 2024 dan dia berharap semua penyelenggara pemilu sehat walafiat.

Menurut dia, apabila semua penyelenggara pemilu di daerah ini sehat sampai selesai pemilu maka hasil pemilu juga baik.

Ia mengatakan jaminan kesehatan tersebut tidak hanya untuk anggota KPPS saja, tetapi untuk seluruh penyelenggara pemilu mulai dari tingkat kecamatan hingga desa mendapat jaminan kesehatan.

Terkait dengan kerja sama dengan pemerintah daerah untuk memberikan jaminan kesehatan kepada penyelenggara pemilu, ia mengatakan, pihaknya telah mengajukan data anggota penyelenggara pemilu kepada pemerintah daerah.

"Kalau berbicara teknis, kami akan bicarakan lagi kepada pihak terkait, yang jelas semua penyelenggara pemilu di daerah memiliki jaminan kesehatan dalam melaksanakan tugas pada saat pemilu nanti," ujarnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko Abdiyanto mengatakan pihaknya telah menerima data anggota KPPS yang diajukan mendapat jaminan kesehatan dari KPU.

Selanjutnya, kata dia, pihaknya akan melakukan pengecekan nama anggota KPPS yang sudah dan belum memiliki jaminan kesehatan.

Terkait dengan anggaran untuk biaya premi BPJS kesehatan untuk penyelenggara pemilu, ia mengatakan, pihaknya akan membahas masalah ini dengan instansi terkait.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024