Bengkulu (Antara) - Petugas Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) Kota Bengkulu mengimbau masyarakat agar tidak membakar lahan kosong sebab berpotensi menyebar ke permukiman warga setempat.

"Sepekan terakhir sudah banyak kejadian kebakaran lahan kosong di sekitar permukiman yang bisa menyebar ke permukiman," kata Kepala Badan Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) Kota Bengkulu Mitrul Ajemi di Bengkulu Rabu.

Ia mengatakan pembakaran lahan kosong yang bisa menyebar ke permukiman masyarakat terjadi di wilayah Kelurahan Bentiring, Simpang Empat Pantai dan Padang Jati.

Di tiga lokasi tersebut api sudah membakar semak-semak dan nyaris menjalar ke permukiman warga.

"Untungnya petugas cepat menjinakkan api sehingga tidak menyebar ke permukiman," ujarnya.

Mitrul mengatakan dengan kondisi cuaca yang panas dan angin kencang, penyebaran api sangat cepat.

Karena itu, warga masyarakat diimbau tidak membakar lahan kosong di sekitar permukiman.

"Hari panas dan angin kencang bisa membuat api cepat menjalar ke permukiman, jadi jangan coba-coba bermain-main dengan api," kata dia.

Rosna, pedagang makanan kecil di depan lokasi kebakaran lahan di Jalan S Parman Kota Bengkulu mengatakan sebelum kebakaran ia melihat seorang pria masuk ke areal itu dan menghidupkan api.

"Kami sempat melihat dan menegur seseorang yang masuk ke areal lahan kosong agar tidak main api, lalu orangnya kabur," katanya.

Melihat api sudah membakar semak kering di lahan yang berjarak 200 meter dari Kantor RRI Kota Bengkulu itu, warga langsung melapor ke Kantor Perpajakan di sebelah areal tersebut.

Mendapat laporan dari warga, petuas PBK langsung menurunkan tim dan peralatan untuk memadamkan api dan berhasil dipadamkan sebelum menjalar ke bangunan di kiri dan kanannya.***4***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015