Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengadakan Fokus Group Discussion (FGD) yang melibatkan berbagai elemen masyarakat termasuk media massa dan generasi muda untuk memaksimalkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024.

Ketua KPU Kabupaten Mukomuko, Deny Setiabudi, di Mukomuko, Kamis, menekankan pentingnya peran media massa dalam mendukung sosialisasi kepemiluan kepada masyarakat.

"Kegiatan FGD ini diikuti oleh puluhan orang yang terdiri dari wartawan media massa cetak, digital, dan elektronik di daerah ini, serta dihadiri oleh pimpinan media massa cetak dan pejabat Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko," kata Deny.

Ia mengatakan FGD juga melibatkan perwakilan siswa SMA sebagai generasi Z untuk memastikan mereka memahami tentang kepemiluan dan berperan aktif dalam menyampaikan informasi kepada teman-teman dan keluarganya.

Menjelang pencoblosan yang kurang dari sepekan, KPU Mukomuko terus berupaya memaksimalkan sosialisasi, terutama kepada pemilih pemula.

"Kami telah memberikan sosialisasi kepada pemilih pemula di sekolah tingkat SMA dan pesantren, baik dengan mendatangi sekolah secara langsung maupun melalui pemutaran film tentang pemilu," ujar dia.

Deny berharap sosialisasi ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat, termasuk pemilih pemula, dalam Pemilu 2024. "Media massa memiliki peran strategis dalam mensukseskan Pemilu 2024 sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu," katanya.

Endang Surya Bakti, Komisioner KPU Kabupaten Mukomuko, mengajak media massa di daerah tersebut untuk bersinergi dengan KPU dalam menyosialisasikan pemilu kepada masyarakat.

"Kami telah melakukan sosialisasi dengan cara berkeliling ke 15 kecamatan di daerah ini, baik dengan mendatangi sekolah secara langsung maupun melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di setiap kecamatan," kata dia.

KPU Mukomuko berharap semua upaya sosialisasi ini dapat mendorong masyarakat, khususnya generasi muda, untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024 dengan datang ke TPS pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024