Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu telah menyelesaikan persiapan pendistribusian logistik dengan matang seiring persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024

"Persiapan logistik untuk Pemilu di Kota Bengkulu telah mencapai 100 persen. Kami sudah dalam tahap finalisasi dan siap untuk pendistribusian," kata Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Bengkulu Anggi Stephensent di Kota Bengkulu, Minggu.

Pemetaan dan strategi pendistribusian logistik menjadi fokus KPU Kota Bengkulu saat ini, penyaluran akan dilakukan satu hari sebelum pemungutan suara, tepatnya pada 13 Februari 2024. Logistik Pemilu akan disortir ulang untuk memenuhi kebutuhan spesifik di setiap panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

Dalam upaya memastikan kelancaran proses pemungutan suara, KPU Kota Bengkulu tidak hanya mengandalkan persiapan internal.

"Kami juga berkoordinasi dengan BMKG dan pihak terkait untuk mengantisipasi potensi hambatan, termasuk faktor cuaca, selama pelaksanaan Pemilu," kata Anggi.

KPU Kota Bengkulu bertekad untuk menjamin distribusi logistik Pemilu yang akurat, baik dari segi jumlah surat suara maupun kualitas logistik, sesuai dengan aturan yang berlaku.

Di sisi pengawasan, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bengkulu mengaku akan terus memonitor pendistribusian logistik hingga ke setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayahnya.

"Pengawasan kami tidak hanya terfokus pada distribusi, tapi juga meliputi pengecekan ulang jumlah surat suara dan kondisi logistik yang tiba di TPS," kata Rahmat.

Kesiapan KPU dan Bawaslu Kota Bengkulu dalam mengatur pendistribusian logistik menunjukkan komitmen mereka untuk memastikan proses Pemilu 2024 berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024