Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, bersiap menggelar pesta demokrasi pada 14 Februari 2024 dengan pengamanan ketat dari Polres setempat. AKBP Yana Supriatna,

Kepala Polres Mukomuko, menegaskan kesiapan 166 personel yang akan ditempatkan di 585 TPS untuk memastikan pemilu berlangsung aman dan lancar.

"Kami telah menyiapkan personel dan logistik untuk memastikan pemilu berjalan dengan lancar dan aman," ujar AKBP Yana.

Dia menambahkan, "Selain personel polisi, kami juga menggandeng 110 anggota dari Kodim 0428/Mukomuko untuk mengamankan proses pemilu ini."

Pengamanan TPS tidak hanya dilakukan pada hari pemungutan suara, namun juga meliputi persiapan dan distribusi logistik pemilu. Polres Mukomuko bekerja sama dengan Polda Bengkulu dan TNI untuk memastikan tidak ada gangguan yang dapat menghambat proses demokrasi.

AKBP Yana berharap seluruh personel yang terlibat dapat bekerja sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditentukan. "Kami telah menyiapkan buku saku sebagai panduan bagi personel dalam bertindak sesuai SOP," tambahnya.

Kesiapan fisik dan mental personel juga menjadi perhatian, dengan AKBP Yana menekankan pentingnya menjaga stamina dan kesehatan. "Penting bagi personel untuk melaporkan situasi dan kondisi di tempat penugasan agar tindakan cepat dapat diambil jika diperlukan," ujarnya.

Bupati Mukomuko, Sapuan, juga menyampaikan apresiasi atas kesiapan dan pergerakan pasukan pengamanan TPS. "Kami berterima kasih kepada TNI dan Polri atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam menjaga keamanan proses demokrasi di kabupaten kami," ujar Sapuan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko berharap seluruh proses pemilu berjalan lancar, aman, dan sukses, tanpa ada kendala maupun halangan yang berarti. Semangat sinergitas antara TNI, Polri, dan pemda diharapkan dapat membawa pemilu 2024 di Kabupaten Mukomuko berjalan dengan lancar dan damai.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024