Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Sosial memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban kebakaran rumah di Desa Talang Arah, Kecamatan Malin Deman.

"Kami memberikan bantuan logistik bencana kepada warga yang menjadi korban kebakaran rumah," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Edy Kasman di Mukomuko, Senin. 

Ia mengatakan bantuan diberikan setelah mendapat informasi kebakaran yang menghanguskan satu bangunan rumah milik warga di Desa Talang Arah, Kecamatan Malin Deman, Senin dini hari, namun tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.
 
Pemerintah daerah setempat, kata dia, selain memberikan bantuan logistik bencana juga memberikan bantuan material untuk pembangunan rumah yang hangus terbakar.
 
"Ada juga bantuan material berupa papan dan seng untuk membangun rumah warga yang menjadi korban kebakaran," ujarnya.
 
Kapolsek Mukomuko Selatan Iptu M Setya Yuli Muhanto mengatakan kebakaran menghanguskan satu bangunan rumah milik warga Desa Talang Arah, Kecamatan Malin Deman, Senin dini hari.
 
Ia menyebutkan bangunan rumah yang terbakar itu milik Halim (60) warga Desa Talang Arah, Kecamatan Malin Deman. Kebakaran menghanguskan sebagian besar bangunan rumah beserta sejumlah barang di dalamnya.
 
"Berdasarkan keterangan saksi, pada saat itu korban terbangun dari tidur karena mencium bau asap dari arah dapur rumahnya. Kemudian Halim menuju dapur dan api sudah membesar di area dapur," ujarnya.
 
Selanjutnya, kata dia, Halim membangunkan anak, cucu, dan menantunya agar bangun dari tidur dan keluar rumah. Halim kemudian meminta bantuan kepada tetangga sekitar, namun api semakin membesar dan barang beserta rumah milik Halim hangus terbakar.
 
"Akibat  kebakaran bangunan rumah tersebut, korban mengalami kerugian sekitar Rp40 juta," katanya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024