Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bengkulu menerangkan, pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara ulang yang dilakukan di tiga tempat pemungutan suara (tps) pada 22 Februari 2024 hingga dini hari berjalan lancar dan baik.
 
"Dalam pelaksanaan PSU yang dilakukan kemarin, kami tidak menemukan adanya insiden atau pelanggaran, semua proses berjalan aman dan kondusif," kata Ketua Bawaslu Kota Bengkulu Rahmat Hidayat di Bengkulu, Jumat.

Ia juga menyebutkan bahwa pada pelaksanaan PSU tersebut antusiasme pemilih untuk menyalurkan hak suaranya juga tinggi meskipun ada beberapa orang yang memiliki golput karena harus bekerja.
 
"Kami melihat partisipasi masyarakat dalam PSU kemarin sangat tinggi, yang menandakan kesadaran mereka akan pentingnya peran aktif dalam proses demokrasi," ujar dia.
 
Hal senada juga disampaikan oleh Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Bengkulu Anggi Stephensent bahwa pelaksanaan PSU berjalan sukses.

Saat ini logistik Pemilu 2024 telah disampaikan ke kecamatan masing-masing setelah kelompok penyelenggara pemungutan suara (kpps) menyelesaikan penghitungan suara di tingkat TPS.
 
"Sejauh ini semua tahapan berjalan aman dan lancar, PSU yang kita gelar sukses dijalani dengan baik, partisipasi masyarakat juga terlihat saat pelaksana PSU kemarin," terang dia.
 
Sebelumnya, KPU Kota Bengkulu menyiapkan 2.503 surat suara untuk pelaksanaan PSU di tiga tps di wilayah tersebut pada 22 Februari 2024.

Surat suara tersebut disiapkan untuk di tempat pemungutan suara (TPS) 06 Kelurahan Pekan Sabtu sebanyak 270 pemilih dengan jenis pemilihan calon Presiden Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
 
Selanjutnya TPS 04 Kelurahan Cempaka Permai 278 pemilih dengan jenis pemilihan wakil Presiden Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi Bengkulu dan DPRD Kota Bengkulu serta TPS 16 Kelurahan Jalan Gedang dengan 267 pemilih untuk satu jenis pemilihan yaitu calon presiden wakil presiden.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024