Komisi Pemilihan Umum Kota Bengkulu menyerahkan hasil rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara secara manual hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di wilayah tersebut ke KPU Provinsi Bengkulu.
 
"Untuk pelaksanaan Pemilu, rekapitulasi di Kota Bengkulu telah selesai dan hasilnya  kami serahkan ke KPU Provinsi," kata Ketua KPU Kota Bengkulu Rayendra Firasad, Minggu.
 
Untuk hasil rekapitulasi yang diserahkan tersebut, yaitu calon presiden dan wakil presiden RI, calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota serta provinsi.
 
Berdasarkan hasil rekapitulasi dari sembilan kecamatan di Kota Bengkulu untuk pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendapatkan 139.857 suara.
 
Kemudian, untuk pasangan calon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menerima 66.740 suara serta pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yaitu 18.279 suara.
 
Untuk total surat suara di Kota Bengkulu sebanyak 228.265 lembar dengan 224.876 surat suara sah dan 3.389 surat suara tidak sah.
 
Sebelum rapat pleno ditutup, seluruh anggota KPU Kota Bengkulu dan masing-masing saksi, mulai dari pemilihan presiden (pilpres), DPD RI, hingga partai politik disaksikan oleh Bawaslu Kota Bengkulu melakukan penandatanganan berita acara hasil rekapitulasi.
 
Sebelumnya, KPU Kota Bengkulu melaksanakan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2024 di wilayah tersebut pada 1 Maret hingga 3 Maret.
 
Rayendra menerangkan, mekanisme pelaksanaan rekapitulasi tersebut dilakukan sesuai dengan peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) dengan menghadirkan peserta dari saksi peserta Pemilu 2024, partai politik, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pengawas kecamatan (Panwascam).

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024