Pemerintah Kota Bengkulu meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) bergerak guna meningkatkan pelayanan dan mempermudah masyarakat dalam mengurus perizinan.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Bengkulu Eka Rika Rino menerangkan peresmian MPP bergerak menjadi bukti komitmen pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan target kebutuhan pelayanan dapat terlaksana dengan baik.

"Terima kasih dan apresiasi kepada DPMPTSP sebagai penyelenggara MPP yang selalu berinovasi dan untuk masyarakat agar memanfaatkan MPP bergerak ini. Saya minta kepada seluruh lurah menginformasikan kepada warganya bahwa tiga hari ini kita ada pelayanan publik bergerak di Singaran Pati. Bagi yang ingin berurusan ayo serbu dan berlomba-lomba untuk mendapatkan pelayanan yang prima melalui MPP bergerak," kata Eka Rika di Kantor Camat Singaran Pati, Kota Bengkulu, Senin.

Eka menyebutkan MPP bergerak ini merupakan salah satu reformasi birokrasi yang memberikan kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan mengangkat tema "Bersinergi Memberikan Pelayanan Publik Secara Prima (profesional, responsif, inovatif, mudah, dan akuntabel)".

MPP bergerak tersebut berada di Kantor Kecamatan Singaran Pati selama tiga hari, mulai tanggal 4 hingga 6 Maret 2024 dan akan berkeliling ke sembilan kecamatan di Kota Bengkulu.

"Dengan adanya MPP bergerak yang merupakan pelayanan melalui mobil, masyarakat yang ingin berurusan tidak perlu datang ke kantor MPP," ujarnya.

Pada MPP bergerak yang berada di Kantor Camat Singaran Pati tersebut melayani pembayaran pajak, mobil Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), mobil Badan Narkotika Nasional (BNN), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu, Bank Bengkulu, dan lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bengkulu Irsan Setiawan mencatat sejak peresmian MPP pada 16 Maret 2023, sebanyak 61 ribu lebih orang yang berurusan melalui MPP.

"Artinya masyarakat sudah merasa nyaman dan sudah betul-betul merasakan pelayanan yang baik. Maka kami mencoba berinovasi lagi bagaimana kita mendekatkan pelayanan ini kepada masyarakat melalui MPP bergerak," sebut dia.

Ia menambahkan masyarakat Kota Bengkulu yang selama ini belum bisa datang ke MPP karena kesibukan dan keterbatasan waktu dapat memanfaatkan layanan MPP bergerak.

"Tujuan dari MPP bergerak ini untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik kepada masyarakat," jelas Irsan.
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024