Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airline mengusulkan penambahan tiga rute penerbangan dari Bengkulu tujuan Padang, Lampung dan Palembang,Sumatra Selatan.

"Surat usulan penambahan rute dari Bengkulu dengan tujuan tiga daerah ini sudah disampaikan ke pemerintah daerah," kata Kepala Bandara Fatmawati Bengkulu Syamsul Banri di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan jika usulan tersebut terealisasi maka Merpati akan menjadi satu-satunya maskapai yang menerbangi Bengkulu-Lampung dan Bengkulu-Palembang.

Saat ini kata dia, Merpati sudah membuka rute penerbangan Jakarta-Bengkulu dan sebaliknya dengan satu penerbangan per hari.

"Rute Jakarta-Bengkulu pulang pergi baru saja dibuka selama dua bulan ini, dan ternyata perusahaan ingin mengembangkan rute dari Bengkulu ke provinsi tetangga," tambahnya.

Hal ini menurutnya akan berdampak positif dalam pengembangan jalur transportasi udara dari dan keluar Provinsi Bengkulu.

Terutama menuju provinsi tetangga kata dia yang selama ini hanya dilayani maskapai Nusantara Buana Air (NBA) rute Bengkulu-Mukomuko-Padang, Sumatra Barat.

Kehadiran Merpati menambah jumlah penyedia jasa transportasi udara di Bengkulu yang selama ini dilayani Srwijaya, Batavia dan Lion Air dengan rute Bengkulu-Jakarta dan sebaliknya.

Ia mengatakan dari segi penumpang pesawat terbang dari bandara itu rata-rata 25.500 orang penumpang per bulan.

"Dalam satu kali penerbangan terdapat antara 100 hingga 140 orang penumpang, jadi jika dikalkulasikan per bulannya penumpang pesawat di Bengkulu mencapai 25.500 orang," katanya.

Setiap pemberangkatan kursi terisi antara 85 hingga 100 persen, khusus penerbangan Jakarta-Bengkulu.(rni)

Pewarta:

Editor : Usmin


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012