Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memastikan pelayanan kesehatan di 17 puskesmas dan rumah sakit di daerah ini tetap berjalan dengan normal selama Ramadhan.
 
"Pelayanan kesehatan seperti biasa tetap buka mengikuti jam kerja yang ditetapkan oleh pemda," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Kamis.
 
Kabupaten Mukomuko saat ini memiliki sebanyak 17 puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan dan satu rumah sakit umum daerah (RSUD) yang berada di pusat ibu kota kabupaten.
 
Dari sebanyak 17 puskesmas di daerah ini, sebanyak tujuh puskesmas di antaranya berstatus sebagai puskesmas rawat inap dan 10 puskesmas rawat jalan.
 
Bustam Bustomo mengatakan, lain halnya ketika pada saat hari pelaksanaannya nanti ada aturan lain. Untuk itu instansinya masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari pemerintah daerah.
 
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Jajad Sudrajat mengatakan selama ini kalau bulan puasa jam kerja tetap seperti hari biasa, atau menyesuaikan dengan jadwal diberikan oleh pemerintah daerah.

"Kalau jam kerja tetap sama seperti hari biasa, tidak ada yang berubah, bahkan menjelang lebaran jam kerja semakin banyak," ujarnya.
 
Selain itu, katanya, jenis layanan kesehatan selama bulan Ramadhan tidak berubah, hanya waktu kerja menyesuaikan dengan pemda, yakni lima hari kerja dengan jam masuk kerja pukul 08.00 dan pulang 15.00 WIB.
 
Sedangkan pelayanan kesehatan selama bulan Ramadhan selama 24 jam di puskesmas rawat inap, atau tidak ada perubahan.
 
"Pelayanan kesehatan di puskesmas rawat inap tetap 24 jam, termasuk pelayanan emergensi tetap seperti hari biasa dilayani oleh petugas kesehatan," ujarnya.
 
Selain itu, instansinya tetap berkoordinasi dengan seluruh kepala puskesmas untuk terus mengawasi petugas kesehatan agar mematuhi aturan kerja disiplin pegawai negeri sipil.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024