Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu menerangkan saat ini ketersediaan blangko Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 13.789 keping.
 
Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu Widodo menyebutkan pihaknya terus melakukan inovasi agar penerbitan KIA dengan nomor identitas kependudukan (NIK) dan akta kelahiran sama.
 
"Untuk KIA saat ini tersedia sebanyak 13.789 keping. Di dalam pelaksanaan penerbitan KIA kita lakukan secara integrasi yaitu saat anak mendapatkan NIK dan akta kelahiran akan kita terbitkan KIA," kata dia di Kota Bengkulu, Jumat.
 
Inovasi yang dilakukan salah satunya yaitu ketika orang tua mengurus akta kelahiran anak, maka Dukcapil Kota Bengkulu juga secara bersamaan akan menerbitkan KIA.
 
Meskipun demikian, dirinya mengimbau seluruh masyarakat yang memiliki anak berusia di bawah 17 tahun untuk mengurus KIA.
 
Sebab, KIA merupakan identitas warga negara Indonesia khususnya bagi anak yang belum wajib memiliki KTP elektronik.
 
"Secara fungsi hampir sama seperti KTP elektronik karena menampilkan identitas seperti nama, foto, nama orang tua, dan alamat," ujar dia.
 
Ia menjelaskan persyaratan membuatnya KIA terdiri atas anak usia 0 hingga 4 tahun, orang tuanya mendaftarkan anak ke Dukcapil dengan menyertakan kartu keluarga (KK).
 
Kemudian, untuk anak kategori usia 5 sampai dengan 17 tahun diperlukan foto copy akta kelahiran anak, KK Asli dan KTP asli orang tua serta pas foto anak.
 
"Kami juga memberikan kemudahan yaitu dengan cara setiap orang yang mengurus KK, akan langsung kita terbitkan KIA untuk anaknya. Selain itu, kita juga bekerja sama dengan PAUD, dan bidan atau rumah sakit, sehingga secara otomatis kita dapat data dan langsung dicetak," terangnya.
 
Dengan adanya KIA, lanjut Widodo, dapat mempermudah hak anak seperti persyaratan mendaftar sekolah, berlaku dalam proses mendaftar BPJS dan kebutuhan syarat administrasi lainnya.
 
Sementara itu, dengan ketersediaan blangko KIA di Kota Bengkulu sebanyak 13.789 diperkirakan cukup hingga akhir 2024 dan selama 2023 Dukcapil Kota Bengkulu telah menerbitkan sebanyak 56.927 keping KIA.
 
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024