Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melibatkan puluhan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayahnya untuk berpartisipasi pada program pasar "Berendo Ramadhan" yang berlokasi di halaman Masjid At-Taqwa.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Bengkulu Nurlia Dewi menerangkan, pada program Berendo Ramadhan, Pemkot Bengkulu menyediakan lokasi pasar untuk masyarakat yang mencari berbagai macam kuliner dan takjil untuk berbuka puasa.
 
"Berendo Ramadhan ini memang saat bulan puasa dan merupakan salah satu pasar yang menjual berbagai makanan, baik itu menu berbuka puasa ataupun sayur-sayuran. Ada sekitar 30-an pelaku usaha menjual berbagai macam kuliner nantinya," kata dia, di Kota Bengkulu, Sabtu.
 
Ia menyebutkan, dilaksanakannya Berendo Ramadhan merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa setiap daerah wajib atau lebih menekankan dan menciptakan pasar-pasar untuk membangkitkan UMKM.
 
Kemudian, melalui Berendo Ramadhan tersebut, menjadi langkah awal pemerintah dalam menciptakan pasar baru untuk membangkitkan UMKM di Kota Bengkulu.
 
Nurlia menjelaskan, untuk biaya pihaknya tidak melakukan pungutan bagi pelaku usaha yang berjualan di Berendo Ramadhan, namun ada biaya kebersihan dan keamanan sebesar Rp5 ribu.
 
"Kita berharap Kota Bengkulu semakin lama ekonominya semakin tumbuh dan UMKM-nya berkembang. Aset dan omzetnya juga terus meningkat, tentu kualitasnya juga semakin lama semakin baik serta memiliki daya saing dengan pelaku usaha-usaha yang lain. Selain itu, ke depan bisa memiliki daya saing juga untuk bisa eksis tak hanya di Kota Bengkulu tapi di tempat atau daerah lain," ujar dia lagi.
 
Dipilihnya kawasan Berendo Masjid At-Taqwa, karena lokasi tersebut merupakan salah satu objek wisata religi di Kota Bengkulu sehingga berpotensi ramai dikunjungi masyarakat sembari ngabuburit.
 
Sebelumnya, Pemkot Bengkulu menyiapkan sejumlah lokasi titik pasar kaget selama Ramadhan 1445 Hijriah yang berada di sembilan wilayah.
 
Sembilan wilayah tersebut terdiri dari depan Stadion Sawah Lebar, kawasan Jalan S Parman, Kampung Bali, View Tower/Lapangan Merdeka, kawasan Universitas Bengkulu (UNIB) bagian belakang hingga di kawasan Pasar Panorama.
 
Asisten II Pemkot Bengkulu Sehmi menyebutkan, Ramadhan menjadi momentum roda perekonomian masyarakat meningkat, sehingga pemerintah memfasilitasi seluruh pedagang musiman untuk berjualan khususnya menu buka puasa.
 
Untuk lokasi pasar kaget tersebut dikoordinir oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Bengkulu, dan pada penetapan lokasi ada beberapa hal yang diperhatikan seperti penempatan titik pasar kaget sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024