Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sudah melaporkan tebing Sungai Manjuto di Desa Lubuk Gedang, Kecamatan Lubuk Pinang, yang longsor kepada Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VII di Bengkulu.
 
"Sudah dilaporkan ke pihak BPBD Provinsi Bengkulu dan juga diteruskan ke BWSS VI. Dengan kondisi seperti itu tentu kita minta adanya penanganan," kata Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Mukomuko Ahmad Hidayat Syah di Mukomuko, Sabtu.
 
Hujan lebat yang melanda sebagian wilayah ini sejak hari Kamis malam hingga Jumat membuat tebing Sungai Manjuto di Desa Lubuk Gedang, Kecamatan Lubuk Pinang longsor.
 
Longsor yang terjadi di sempadan Sungai Manjuto tersebut membuat sedikitnya tiga bangunan rumah warga Desa Lubuk Gedang, Kecamatan Lubuk Pinang terancam masuk sungai.
 
Ia berharap dengan adanya laporan kejadian bencana alam dari BPBD setempat, ada tindak lanjut dari instansi terkait untuk menangani tebing sungai yang longsor di wilayah tersebut.
 
"Kita berharap ada tindak lanjutnya seperti apa, itu tujuan kita melaporkan, apalagi itu kejadian berulang-ulang," ujarnya.
 
Ia menyebutkan, ada tiga rumah warga yang terancam masuk sungai akibat longsor tersebut, satu keluarga di antaranya telah mengungsi ke rumah keluarganya.
 
"Kondisi tebing yang longsor bertambah dua hingga tiga meter dari sebelumnya. Ada tiga rumah dekat tebing yang longsor, satu keluarga di salah satu rumah tersebut mengungsi karena tebing hampir di tengah rumah tersebut," ujarnya.
 
Ia mengatakan, dapur salah satu rumah warga tersebut sudah lama habis pada saat kejadian longsor sebelumnya, kini kondisinya bertambah lagi hingga menjangkau hampir bagian tengah rumah warga atas nama Rara.
 
Sekarang ini, seorang warga Desa Lubuk Gedang Rara dan keluarganya terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya untuk menghindari longsor susulan akibat hujan yang melanda wilayah ini.
 
Sedangkan kondisi dua rumah warga lainnya bernama Riska dan Siska dalam kondisi kritis. Satu rumah berada sekitar 35 centimeter dari tebing yang longsor dan pondasi satu rumah lainnya berada dekat tebing.
 
Ia mengatakan, sekarang ini hujan telah berhenti, setelah daerah itu sejak Kamis malam sampai Jumat pagi diguyur hujan lebat.*

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024