Rejanglebong (Antara) - Pemerintah Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, menggelar zikir akbar menyambut datangnya tahun baru Islam 1 Muharam 1437 Hijriyah di daerah itu.

Kegiatan zikir akbar sekaligus istighasah 1 Muharam ini dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Makmur Rejanglebong, Sabtu, yang dihadiri penjabat Bupati Rejanglebong Andi Roslinsyah, para kepala dinas/instansi, serta ribuan warga yang berasal dari kelompok pengajian dan pelajar.

Dalam sambutannya sebelum pelaksanaan zikir penjabat Bupati Rejanglebong, Andi Roslinsyah mengajak umat Islam untuk menjadikan momentum datangnya tahun baru Islam 1437 Hijriyah dengan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan menjalin ukhuwah Islamiah di daerah itu.

Selain itu dia juga mengajak masyarakat Rejanglebong tetap menjaga persatuan dan jangan terpecah belah dengan membeda-bedakan suku, agama dan status sosial satu dengan lainnya, karena dengan persatuan yang kokoh sangat menentukan kemajuan pembangunan di Rejanglebong kedepannya.

"Pergantian tahun baru Islam ini merupakan kesempatan bahagia, dimana dengan adanya momen tahun baru Islam ini sebagai sarana untuk memperbaiki diri sehingga kedepannya akan semakin baik dari hari-hari sebelumnya," kata Andi.

Sementara itu Kabag Kesejahteraan Rakyat Pemkab Rejanglebong, Sholahudin menjelaskan, pelaksanaan zikir akbar dan istighasah merupakan rangkai kegiatan festival Muharram yang diselenggarakan daerah itu setiap tahunnya, dimana pelaksanaanya dipimpin oleh imam Masjid Agung Baitul Makmur Rejanglebong, M Ali Muhammad.

"Kegiatan festival 1 Muharam 1437 Hijriyah ini salah satunya ialah zikir akbar dan istighosah ini, selain itu juga ada 18 cabang perlombaan Islami yang akan dilombakan diantaranya MTQ tingkat kabupaten serta perlombaan qosidah, bazar, Pildacil dan lainnya," ujar Sholahudin.

Festival 1 Muharam itu sendiri kata dia, akan dibuka Selasa (6/10) nanti yang ditandai dengan pawai ta`aruf, yaitu pawai hias dari masing-masing SKPD dan kecamatan yang dimulai dari lapangan Dwi Tunggal hingga finish dilokasi pusat kegiatan yakni di Lapangan Setia Negara Curup.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015