Sebagai tahun yang dipenuhi dengan penggemar film layar lebar, 2024 telah melahirkan beberapa film laris kategori blockbuster yang memukau penonton di Indonesia.

Film buatan anak dalam negeri memiliki catatan manis untuk jumlah penontonnya. Meski sejumlah kritikus film menyoroti sinema laris di pasaran didominasi oleh film kategori horor.

Apapun itu, penonton bioskop di Indonesia banyak menyukai film horor sehingga ketika ada permintaan tentu ada produksi sinema seram. Berikut adalah 7 film terlaris per Maret 2024 yang berhasil meraih hati penonton.

Baca juga: Nurra Datau berhasil gantikan peran Dara dalam film Dua Hati Biru, kok bisa?
Baca juga: Indonesia ikuti festival film internasional di beberapa negara

1. Agak Laen The Movie

Film yang mengisahkan empat sekawan Bene Dion, Oki Rengga, Boris Bokir, dan Indra Jegel. Para podcaster ini berperan menjadi pengelola dan pelaku karakter rumah hantu pasar malam.

Mereka mencari cara baru untuk menakuti pengunjung agar selamat dari kebangkrutan usaha rumah hantu. Banyak plot twist naik turun yang terjadi jalannya cerita. Terdapat sedikit nuansa horor dari film ini meski sejatinya lebih banyak pendekatan komedi.

Film yang disutradarai Muhadkly Acho ini mampu menembus lebih dari 8.205.798 penonton di seluruh bioskop Indonesia dan masih menjadi film dengan jumlah penonton paling banyak di Maret 2024.
 
Salah satu adegan film Agak Laen (Film Agak Laen)


2. Ancika Dia Bersamaku 1995

Drama romantis Indonesia tahun 2024 ini disutradarai Benni Setiawan berdasarkan novel karya Pidi Baiq. Film yang dibintangi Zee JKT48 dan Arbani Yasiz ini meraup lebih dari 1.317.412 penonton.

Film yang mengisahkan persahabatan dan jalin hubungan antara Dilan seorang mantan ketua geng motor yang jatuh hati kedua kalinya dengan seorang gadis yang membenci geng motor yaitu Ancika.
 
Dia Bersamaku 1995 (Ancika)


Baca juga: Fakta film "Pemandi Jenazah", pemeran diguyur jam dua pagi
Baca juga: Ini film Indonesia berbiaya di atas Rp60 miliar

3. Kereta Berdarah

Film horor garapan sutradara Rizal Mantovani mengisahkan teror yang dialami para penumpang kereta Sangkara dan nyawa para penumpang itu terancam setiap kali memasuki terowongan kereta.

Dibintangi Hana Malasan, Zara Leola, dan Putri Ayudya sebagai pemeran utama, film ini tayang 1 Februari 2024 lalu dengan jumlah penonton lebih dari 1.000.027.
 
Kereta Berdarah (Kereta Berdarah)


4. Pemandi Jenazah
Film ini menempati posisi ke empat sebagai film dengan jumlah penonton lebih dari 1 juta pasang mata. Pemandi Jenazah adalah film horor Indonesia di tahun 2024 yang disutradarai Hadrah Daeng Ratu.

Film yang berkisah tentang Lela (Aghniny Haque) wanita yang mewarisi pekerjaan ibunya, Bu Siti (Djenar Maesa Ayu) sebagai pemandi jenazah di desanya.
 
Pemandi Jenazah (Pemandi Jenazah)


Baca juga: Fakta film "Pemandi Jenazah", pemeran diguyur jam dua pagi
Baca juga: Ini film Indonesia berbiaya di atas Rp60 miliar

5. Trinil: Kembalikan Tubuhku

Film bergenre horor ini menceritakan tentang pasangan suami istri Rara dan Sutan pulang dari bulan madu. Mereka siap untuk memulai hidup baru dan sang istri Rara akan menjalani peran sebagai pewaris tunggal yang mempunyai perkebunan teh terluas di Jawa Tengah.

Disutradarai Hanung Bramantyo, Film produksi Dapur Film ini dibintangi oleh Carmela Van der Kruk, Rangga Nattra, dan Fattah Amin, berhasil menembus jumlah penonton hingga lebih dari 835.126 penonton.
 
Trinil: Kembalikan Tubuhku (Trinil: Kembalikan Tubuhku)


Baca juga: Film nasional berpotensi berkembang di era layanan streaming
Baca juga: Aming sebut film horor Indonesia semakin pesat di era digital

6. Munkar

Menyelamatkan diri dari perundungan yang ia terima, seorang santriwati malah mengalami kecelakaan dan menghilang namun tiba-tiba kembali ke pondok pesantren secara misterius.

Film yang dilakoni oleh Adhisty Zara, Ratu Sofya, dan Sanskia Chadwick ini disutradarai Angga Umbara. Film ini tergolong baik secara jumlah penonton dengan 771.978 pasang mata sudah menyaksikan horor khas Angga Umbara.
 
Munkar (Munkar)


Baca juga: Daftar film Indonesia yang berjaya di penghargaan internasional
Baca juga: Daftar sutradara Indonesia yang produktif sepanjang tahun 2023

7. Jagat Alam Gaib: Sinden Gaib

Indonesia kembali merilis sebuah film menegangkan yang penuh cerita seram berjudul "Sinden Gaib". 

Menariknya, film yang dibintangi Sarah Fajira, Riza Syah, Dimas Aditya ini diangkat dari kisah nyata. Film produksi Starvision dan sutradara Faozan Rizal mengisahkan seorang wanita bernama Ayu yang jiwanya menyatu dengan roh sinden pada tahun 2010.

Cerita bermula saat Ayu dan temannya sedang syuting sebuah tarian di Watu Kandang, Kabupaten Trenggalek, yang kemudian membuat Ayu dihantui oleh sinden bernama Sarinten. Film ini laris hingga mencapai lebih dari 544.435 penonton.
 
Jagat Alam Gaib: Sinden Gaib (Jagat Alam Gaib: Sinden Gaib)


Dengan berbagai genre yang ditawarkan seperti komedi, romansa, hingga horor, 7 film terlaris ini berhasil memberikan pengalaman sinematik yang beragam bagi para penggemar film layar lebar di tahun 2024. 

Tahun ini memang menjadi tahun yang memukau bagi dunia perfilman dengan adanya peningkatan kualitas film-film yang dihasilkan.

Baca juga: Lee Junho akan ke Indonesia, simak deretan film yang dibintanginya
Baca juga: 5 film horor Barat dan Indonesia untuk ditonton lagi, "The Nun II" terbaru

Pewarta: Vonza Nabilla Suryawan

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024