Violle Esther atau kerap disapa Vio, gadis kecil empat tahun asal Langowan, Sulawesi Utara, penderita kanker otot Rhabdomyosarcoma dan Limfoma non-Hodgkin stadium empat. Ia memiliki tumor ganas itu pada anus dan alat vital. 

Rhambdomyosarcoma (RMS) adalah jenis kanker langka yang dimulai dengan pertumbuhan sel di jaringan lunak yang menopang dan menghubungkan organ dengan bagian tubuh lainnya.

RMS paling sering dimulai pada jaringan otot. Kanker ini dapat terjadi pada semua usia, tetapi lebih sering menyerang anak-anak. Penderita dapat mengalami gejala yang bervariasi, tergantung pada ukuran dan lokasi tumor serta tingkat keparahan yang dialami penderita.

Selain kanker RMS, Vio juga mengalami penyakit limfoma non-Hodgkin, yaitu jenis kanker yang berasal dari kelenjar dan sistem limfatik, merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang melawan kuman.

Pada Limfoma non-Hodgkin, sel darah putih tumbuh tidak normal dan dapat membentuk pertumbuhan tumor di seluruh tubuh.
 
Khofifah Indar Parawansa (kanan) saat bertemu dengan Prabowo Subianto (kiri). (ANTARA/HO-Tim Khofifah)


Baca juga: Menurut ahli, vape miliki kandungan yang sama berbahaya dengan rokok
Baca juga: Dokter: Harapan hidup penderita kanker pada anak tergantung pengobatan

Vio sempat dikunjungi salah satu tim sekretaris Prabowo Subianto, Annete Liana Dewi, di RS Kanker Dharmais Jakarta Barat. Atas kunjungan tersebut, gadis kecil ini mengunggah sebuah video di akun TikTok miliknya @violleesther terkait Prabowo yang ia sebut sebagai kakek "Opa Wowo".

“Terima kasih opa wowo, sehat-sehat selalu ya opa wowo,” demikian tertulis dalam akun TikTok Vio, Sabtu (9/3).

Salah seorang warga TikTok dengan akun @yuuuui** mengatakan “Bener liat hastagnya kak makin sayang gw sama bapak,” tulisnya dalam menanggapi komentar akun lain.

Tak sedikit juga netizen yang memberikan semangat dan doa kepada bocah tersebut dengan ungkapan-ungkapan penuh harapan dan dukungan yang mendalam kepada Vio.
 
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Rumah Sakit Kanker Nasional Dharmais, Jakarta, Minggu (5/11/2023). (ANTARA/HO-Kemenkes RI)


Baca juga: Waspadai benjolan yang muncul di depan telinga, bisa jadi kanker
Baca juga: Perokok pasif miliki 4 kali lipat risiko terkena kanker paru

“SEMANGAAATT ADEKKK KECIL, GOD BLESS U(baca: tuhan memberkatimu) CAYAAAANGGGGGGG,” komen @Kitslim** dalam postingan TikTok Vio.

Warganet lainnya juga memberikan respon dengan mengatakan "pagi-pagi nangisin ini anak grgr lewat fyp trs buka akunya. kaget! anak sekecil ini berjuang dg penyakitnya adek terimakasih sudah berjuang utk sembuh janji yaaa harus sembuh!!," tulis @99xy** memberikan semangat kepada Vio.

"Siap kakak doain yaaa," balas Vio.

Adapun sejak sakit, Vio sudah tidak pernah beraktivitas seperti biasanya. Hingga saat ini ia sudah menjalani enam kali operasi besar dan harus kemoterapi setiap minggu lantaran kanker yang dideritanya sudah menyebar ke sumsum tulang belakang.
 
Ilustrasi layanan kesehatan. (ANTARA/HO)


Vio dan kedua orang tuanya berangkat dari Manado ke Jakarta dengan harapan mendapatkan kesembuhan dengan biaya yang tidak sedikit tentunya hingga mencapai puluhan sampai ratusan juta rupiah.

Baca juga: Tips kulit tetap sehat dan "glowing" saat berpuasa
Baca juga: Kenali nyeri haid indikasi endometriosis
 

Ribuan peserta ramaikan peringatan Hari Kanker Sedunia di Banjarmasin

 

YKI DKI Jakarta: Makan bernutrisi guna hindari kanker payudara

 
 

YKI DKI Jakarta: Makan bernutrisi guna hindari kanker payudara

 

Pewarta: Vonza Nabilla Suryawan

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024