Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu melatih semua kepala sekolah dan operator sekolah tingkat SD dan SMP dalam mengisi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) tahun 2025 di daerah tersebut, yang harus diinput sekarang atau akhir Maret dan terakhir April 2024.
 
"Pelatihan ini untuk mengisi Dapodik yang di mulai dari tahapan perencanaan, evaluasi, dan supervisi serta update Dapodik di daerah ini," kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Muhammad Zum usai membuka acara pelatihan di Mukomuko, Sabtu.
 
Dia menjelaskan, pelatihan dengan tema "Koordinasi, Perencanaan, Supervisi, dan Evaluasi Layanan di Bidang SD dan SMP" dan updata data Dapodik tingkat SD sapras 2025 tersebut diikuti oleh para kepala sekolah dan operator di 140 SD dan 58 SMP.
 
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko melibatkan dua orang narasumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yakni Dirjen SD Nurul Mahfudi dan Dapodik Dhoni Mardiansyah untuk melatih kepsek dan operator sekolah itu.
 
Ia mengatakan, input data Dapodik yang sekarang atau akhir Maret dan terakhir April 2024, datanya diambil untuk digunakan sebagai dasar kegiatan atau penggangaran di tahun 2025.
 
"Sekarang ada update di sistem Dapodik yang butuh input ulang, atau ada data yang baru yang belum diinput di Dapodik itu yang terkadang lupa sama operator sekolah," katanya.
 
Karena itu, katanya, kalau hal seperti ini tidak digerakkan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, maka tidak ada update Dapodik.
 
Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Ramon Hoski mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh kepsek dan operator di 140 SD negeri dan swasta, dan 58 SMP negeri swasta di daerah ini.
 
Ia menilai, pelatihan seperti ini sangat penting dilaksanakan di daerah ini, karena permasalahan data Dapodik merupakan kegiatan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
 
"Kami dari dinas mengharapkan ke sekolah peranan pengawasan dan integritas yang tinggi terhadap kualitas data yang dimasukkan oleh operator, karena kualitas data menentukan kualitas perencanaan untuk tahun ke depan," katanya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024