Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyampaikan bahwa pekerjaan fisik rumah sakit pratama di Desa Air Buluh, Kecamatan Ipuh sudah selesai 100 persen.
 
"Pembangunan rumah sakit pratama itu sesuai dengan target pemberian kesempatan kedua sampai tanggal 23 Maret 2023. Alhamdulillah sudah selesai," kata PPTK Dinkes Mukomuko Jajad Sudrajat di Mukomuko, Kamis.
 
Ia mengatakan hal itu setelah instansinya melakukan prapenyerahan pertama pekerjaan selesai (Provisional Hand Over/PHO) pembangunan rumah sakit pratama di Desa Air Buluh, Rabu (20/3).
 
Ia menambahkan, item-item pekerjaan pembangunan rumah sakit pratama itu secara global dinyatakan 100 persen oleh konsultan pengawas.
 
"Untuk PHO kita laksanakan 23 Maret 2024, mudah-mudahan tidak banyak catatan," ujarnya.

Setelah pekerjaan selesai, masih ada pembayaran sisa pekerjaan kepada kontraktor sekitar Rp5,8 miliar. Pembayaran sisa pekerjaan diusulkan di APBD Perubahan tahun ini.
 
"Sekarang ini mereka bekerja dengan uang sendiri sebagai bagian dari risiko yang harus mereka tempuh dan mereka juga terkena sanksi denda atas keterlambatan menyelesaikan pekerjaan," katanya.
 
Pada 2023 pemerintah daerah setempat telah menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp61 miliar dari pemerintah pusat untuk pembangunan rumah sakit tersebut. Dari anggaran tersebut, sekitar Rp39 miliar dialokasikan untuk pembangunan fisik, sementara Rp22 miliar untuk pengadaan alat kesehatan.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024