Bengkulu (Antarabengkulu) - Kontingen Pesparawi (Pesta paduan Suara Gerejawi) Provinsi Bengkulu meraih satu champion, lima medali emas, dan enam perak dalam ajang Pesparawi Nasional XI di Ambon, Maluku, yang digelar 2-10 Oktober 2015.

 Bengkulu meraih champion pada kategori Solo Pemuda Remaja Putera yang diwakili oleh Rexy Gunanto Tambunan. Champion merupakan juara umum dari setiap kategori.

"Selama 33 tahun Bengkulu mengikuti ajang Pesparawi, baru kali ini meraih champion dan lima medali emas" kata ketua kontingen Pesparawi Bengkulu Edon Siregar di Bengkulu, Senin.

Selanjutnya, medali emas diperoleh dari kategori PSRPC (Paduan Suara Remaja Pemuda Campuran), Vokal Grup, Solo Remaja Pemuda Putra, Solo anak 10-13 tahun dan kategori Etnik.

Sedangkan medali perak diperoleh dari kategori PSDC (Paduan Suara Dewasa Campuran), PSW (Paduan Suara Wanita), PSP (Paduan Suara Pria), MPG (Musik POP Gerejawi), Solo Remaja Pemuda  Puteri dan Solo Anak 7-9 tahun.

Rombongan Pesparawi Bengkulu tiba di Bengkulu Minggu (11/10) dan disambut oleh Wakil Gubernur Bengkulu Sultan Najamudin. Kemudian diajak ke rumah dinas Wakil Gubernur, bahkan Wagub sempat berdiri di mobil dan memamerkan piala champion dalam perjalanan menuju rumah dinas wagub.

"Saya terharu dan bangga karena ini prestasi yang luar biasa dan langka dan jangan dianggap sepele" kata Sultan.

Provinsi Bengkulu sempat diusulkan untuk menjadi tuan rumah Pesparawi berikutnya pada rapat seluruh LPPD (Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah di Ambon oleh ketua LPPD Bengkulu Nurma L Siantar.

Hal tersebut disambut baik oleh Sultan karena sekaligus bisa menunjukkan kualitas Pesparawi Provinsi Bengkulu serta mempromosikan daerah.

"Saya semakin bersemangat setelah mendapat gelar champion ini, Bengkulu bisa menjadi tuan rumah pesparawi ke-13 atau 14," katanya.

Pada Pesparawi ke-9 tahun 2009 di Samarinda, Kalimantan Timur, Bengkulu mendapat dua medali emas dari kategori Vokal Grup dan Solo Anak Putra, kemudian meningkat menjadi tiga medali emas dari kategori Solo anak 7-9 tahun PSRP dan Etnik pada Pesparawi ke-10 tahun 2012 di Kendari, Sulawesi Tenggara, serta mendapat urutan ke-13 dari 32 peserta.

Edon menambahkan dari seluruh prestasi yang diraih oleh kontingen Provinsi Bengkulu tahun ini, dapat dipastikan Provinsi Bengkulu masuk urutan 10 besar dari 34 kontingen yang mewakili setiap provinsi. ***4***

Pewarta: Ruth Dwine Aprilendy Silalahi

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015