Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, melakukan penguatan kelembagaan mulai dari tingkat kabupaten hingga kecamatan menjelang Pilkada 2024 di wilayah itu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Rejang Lebong Ahmad Ali di Rejang Lebong, Senin sore, mengatakan bahwa pelaksanaan Pemilu 2024 di daerah ini berlangsung aman dan lancar.

Kendati demikian, mereka masih bersiap karena adanya satu perkara dilaporkan ke MK yang lokus kejadiannya belum diketahui dari kabupaten/kota mana di Provinsi Bengkulu.

"Alhamdulillah, pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Rejang Lebong berjalan aman, tertib, dan damai. Kami berharap tantangan ke depan pada pilkada serentak nanti akan luar biasa lagi sehingga perlu memberikan motivasi dan penguatan agar nantinya lebih siap lagi," kata dia.

Ahmad menjelaskan bahwa penguatan kelembagaan Bawaslu Kabupaten Rejang Lebong dan panwaslu dari 15 kecamatan di daerah ini karena pada pelaksanaan Pemilu 2024 masih kaku atau lemah, ke depannya agar mereka bisa lebih baik lagi.

Pelaksanaan penguatan kelembagaan bawaslu setempat serta panwaslu dari 15 kecamatan, kata dia, dilaksanakan selama 2 hari, 25—26 Maret, dengan menghadirkan pemateri dari akademikus IAIN Curup dan Lembaga Harapan Bersama Politika Bengkulu.

Untuk badan ad hoc di bawah jajaran bawaslu setempat, baik dari panwaslu kecamatan maupun panwaslu desa/kelurahan Pemilu 2024 apakah akan terus bertugas hingga Pilkada 2024, dia belum bisa memastikannya.

"Untuk panwaslu kecamatan ini bertugas sampai dengan April 2024, sedangkan kelanjutannya kami masih menunggu regulasi terkait dengan juknis yang nantinya menyebutkan apakah dievaluasi, rekrut ulang, atau gabungan evaluasi dan rekrut ulang," tambah dia.

Menurut dia, masa tugas panwaslu kecamatan ini berakhir bulan depan dan kemungkinan tahapan Pilkada 2024 akan jalan sehingga mereka masih menunggu petunjuk dari Bawaslu RI untuk jabatan badan ad hoc ini.

"Jika ada evaluasi atau rekrut ulang, kami yakin kawan-kawan ini sudah siap karena mereka sudah melakukan pekerjaannya dengan baik. Ke depan, kami memberikan peluang yang seluas-luasnya nanti," tegas Ahmad Ali.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024