Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan paling lama H-5 Lebaran daerah ini bebas dari hewan ternak sapi, kerbau dan kambing yang berkeliaran.
 
"Sejak kemarin kita melakukan patroli penertiban hewan ternak, target kita sampai H-5 lebaran tidak ada ternak berkeliaran. Kita tertibkan hewan ternak saat arus mudik dan balik agar tidak terjadi kecelakaan," kata Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Mukomuko Jodi di Mukomuko, Jumat.
 
Ia mengatakan, saat ini personelnya fokus melakukan penertiban hewan ternak di komplek perkantoran pemerintah daerah, lalu di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kelurahan Koto Jaya dan Bandara.
 
Dari razia penertiban hewan ternak yang dilakukan sejak beberapa hari ini, ia mengatakan, personel Dinas Satpol PP berhasil mengamankan tiga ekor ternak yang berkeliaran di komplek perkantoran pemerintah daerah.
 
"Tiga ekor hewan ternak liar itu kita amankan di kandang yang berada di belakang Kantor Dinas Satpol PP Mukomuko," ujarnya.
 
Ia mengatakan, apabila sampai H-5 Lebaran masih ada hewan ternak yang berkeliaran di jalur mudik dan menyebabkan terjadi kecelakaan, maka tindakan yang dilakukan menyelidiki pemilik hewan ternak.
 
Selanjutnya, ia mengatakan, pihaknya menerapkan sanksi tindak pidana ringan (tipiring) terhadap warga yang melepasliarkan hewan peliharaannya jenis kerbau, sapi, dan kambing di jalan raya dan fasilitas umum sesuai Perda Nomor 11 tahun 2019.
 
Selain itu, ia juga memasang papan peringatan tentang larangan melepasliarkan hewan ternak di jalan raya karena dapat membahayakan keselamatan pengguna kendaraan bermotor di daerah ini.
 
Ia mengatakan hal itu untuk mencegah hewan ternak berkaki empat jenis sapi, kerbau, dan kambing berkeliaran di jalan raya terutama menjelang arus mudik Lebaran tahun ini.
 
Sebab pada saat arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah jumlah kendaraan roda dua dan empat yang melintas di daerah ini meningkat drastis dibandingkan sebelumnya.
 
Ia mengatakan pihaknya selain memasang papan peringatan di jalan raya yang menjadi arus mudik dan balik Lebaran, petugas juga melakukan patroli dan menyampaikan kepada masyarakat agar menertibkan hewan ternaknya secara mandiri.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024