Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mulai menjaring 75 orang calon Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK untuk Pilkada 2024 di wilayah itu.

"Untuk perekrutan badan ad hoc Pilkada Serentak Tahun 2024, kita mulai dengan perekrutan PPK, pengumumannya akan dimulai tanggal 17 April," kata Koordinator Divisi Sosialisasi, Penerangan Masyarakat dan SDM KPU Rejang Lebong Buyono di Rejang Lebong, Sabtu malam.

Dia menjelaskan, pihaknya saat ini masih menunggu petunjuk teknis dari KPU RI tentang perekrutan PPK untuk Pilkada yang nantinya akan bertugas dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong.

"Ini masih berupa petunjuk awal dari KPU RI, ada dua mekanisme yang bisa dilakukan berupa evaluasi dengan pengangkatan badan ad hoc Pemilu 2024 lalu atau dengan pembentukan ulang," terang dia.

Pada dua petunjuk awal ini, kata dia, KPU RI juga menyertakan kekurangan dan kelebihan pada dua mekanisme tersebut.

Ditambahkan dia, jika dilakukan evaluasi memungkinkan adanya penilaian subjektivitas, maka pihaknya cenderung dilakukan perekrutan ulang supaya lebih objektif dalam memberikan penilaian kepada peserta seleksi secara terbuka.

Untuk pembentukan PPK dan panitia pemungutan suara (PPS) tersebar dalam 156 desa/kelurahan ini dimulai dari 17 April hingga 26 Mei, dimana terlebih dahulu akan dilakukan pembentukan PPK dan setelahnya baru PPS.

Sementara itu, berdasarkan PKPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024, akan dimulai dengan pembentukan badan ad hoc.

Pembentukan badan ad hoc dimulai pada 17 April hingga 26 Mei. Tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih yang dilaksanakan mulai dari 31 Mei hingga 23 September 2024.

Setelah itu, penyerahan daftar penduduk potensial pemilih pada 24 April sampai 31 Mei 2024, sedangkan yang lainnya berupa pemberitahuan dan pendaftaran pemantau pemilihan 27 Februari sampai 16 November 2024.

Pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan terhitung 5 Mei hingga 19 Agustus, serta tahapan-tahapan lainnya sampai dengan hari pemilihan pada 27 November 2024.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024