Warga Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, yang bekerja di luar daerah pada musim mudik Lebaran 2024/1445 Hijriah bisa kembali ke kampung halamannya melalui program mudik gratis yang disiapkan Pemerintah Pusat.

"Kabupaten Rejang Lebong dapat kuota mudik gratis sebanyak dua bus, malam ini mudah-mudahan datang dari Jawa," kata Kepala Terminal Tipe-A Simpang Nangka Rio Jangyo saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu.

Dia menjelaskan, kuota mudik gratis yang diterima Kabupaten Rejang Lebong tersebut merupakan bagian dari kuota Provinsi Bengkulu yang diberikan Kementerian Perhubungan sebanyak 10 bus.

"Kuota mudik gratis yang diterima Kabupaten Rejang Lebong ini juga banyak diikuti oleh warga Provinsi Sumatera Selatan yang daerah sejalur ke Bengkulu seperti dari Kabupaten Muara Enim, Lahat, Empat Lawang dan Kota Lubuklinggau," terangnya.

Armada bus yang mengangkut rombongan pemudik tujuan Rejang Lebong dan Kota Bengkulu ini, kata dia, nantinya akan disambut pada pemberhentian terakhir di Gedung Merah Putih Kota Bengkulu.

Dia bersyukur Kabupaten Rejang Lebong pada tahun ini mendapatkan kuota mudik gratis yang disiapkan Kementerian Perhubungan, sehingga bisa membantu warga daerah itu yang akan berlebaran di kampung halamannya masing-masing.

Sementara itu jumlah pemudik yang tiba di Terminal Tipe-A Simpang Nangka Kabupaten Rejang Lebong sampai dengan H-4 Idul Fitri 1445 Hijriah, tambah dia, mencapai 279 penumpang.

Jumlah penumpang yang tiba di Terminal Simpang Nangka ini menaiki 15 unit bus. Jumlah penumpang yang tiba ini jika dibandingkan dengan musim mudik Tahun 2023 lalu mengalami peningkatan hingga 46 persen.

Menurut dia, pemudik yang tiba di wilayah itu sebagian besar berasal kota-kota di Jawa, dan sebagian lagi dari daerah lainnya di Sumatera.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024