Rejanglebong (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, akan mencatat partisipasi pemilih dari kalangan disabilitas pada pilkada serentak 2015.

"Ada hal baru dalam pelaksanaan pilkada serentak 9 Desember mendatang, petugas KPPS akan mencatat tingkat partisipasi kalangan disabilitas atau orang berkebutuhan khusus," kata anggota KPU Rejanglebong dari Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Fahamsyah saat dihubungi di Rejanglebong, Minggu.

Pencatatan itu dilakukan guna mengetahui tingkat partisipasi pemilih dan tidak akan mengganggu jalannya proses rekapitulasi suara di masing-masing TPS.

Pencatatan partisipasi pemilih dari kalangan disabilitas tersebut kata dia, diketahui dari kegiatan bimbingan teknis pemungutan, penghitungan, rekapitulasi dan penetapan hasil Pilkada oleh KPU RI pada 20- 22 Oktober 2015 lalu di Banten.

Pencatatan pengguna hak pilih penyandang disabilitas dalam formulir C-1 yang mulai diberlakukan pada pilkada ini merupakan hal baru guna mengukur perjalanan demokrasi di Tanah Air melalui pilkada di masing-masing daerah.

"Selain untuk mengetahui tingkat partisipasi pemilih dari kalangan disabilitas juga untuk memudahkan semua orang mengakses informasi pemilu atau azas aksesibilitas," ujarnya.

Anggota KPU Rejanglebong dari Divisi Logistik dan Data Restu S Wibowo menambahkan, jumlah pemilih disabilitas dalam daftar pemilih tetap (DPT) pilkada Rejanglebong mencapai 247 jiwa.

"Pemilih disabilitas yang bisa berjalan ke TPS nantinya saat pemungutan suara akan didampingi pendamping. Para pendamping ini nantinya akan mengisi form A-6. Sedangkan untuk pemilih disabilitas yang tidak bisa datang ke TPS akan didatangi petugas KPPS bersama saksi dan petugas Linmas," katanya.

Para pendamping warga yang berkebutuhan khusus ini diajurkan berasal dari keluarga sendiri sehingga tidak akan menimbulkan salah penilaian dari masyarakat maupun pengarahan pemilih untuk memilih salah satu pasangan.

Sebelumnya KPU Rejanglebong pada 24 Agustus 2015 menetapkan tujuh pasangan cabup dan cawabup sebagai peserta pilkada Rejanglebong, yakni pasangan nomor urut 1 Fatrolazi-Nurul Khairiyah dicalonkan PDIP dan Nasdem. Nomor urut 2 Jhon Feriyanto-Bambang Aryanto dicalonkan Partai Golkar dan PPP. Nomor urut 3 Syamsul Effendi-Adnan dicalonkan Gerindra, PKS, PKB dan PAN.

Nomor urut 4 Alrullah Jambak-Heri Purwanto dari jalur perseorangan dan nomor urut 5 Anom Chan-Joni dari jalur perseorangan. Nomor urut 6 Tugiman-Sudirman diusung Partai Demokrat dan Hanura serta nomor urut 7 Ahmad Hijazi-Iqbal Bastari dari jalur perseorangan. ***2***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015