Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan, Sumatera Barat, menggelar lomba memilih dan membuka durian tercepat atau Durian Unboxing Challenge sebagai bagian dari Festival Durian 2024.

"Peserta durian unboxing ini akan ditantang mengendus durian dan dapat menebak isi durian yang bagus saat dibuka," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Solok Selatan Sendria Fardi, di Padang Aro, Jumat.

Pada kegiatan ini, katanya lagi, telah disediakan sekitar 100 buah durian yang akan diunboxing oleh peserta yang merupakan pelajar SMA.

Lomba memilih dan membuka durian tercepat ini disponsori oleh Bank Nagari dengan total hadiah senilai Rp3,05 juta dan akan diberikan kepada lima peserta terbaik.

Peserta terbaik pertama akan mendapatkan hadiah sebesar Rp1 juta, terbaik kedua Rp800 ribu, ketiga Rp600 ribu, dan pemenang ke-4 dan ke-5 mendapatkan hadiah sebesar Rp400 ribu dan Rp250 ribu.

Sedangkan juri kegiatan ini berasal dari Dinas Pertanian Solok Selatan dan ini menjadi yang pertama dilakukan dalam pelaksanaan Festival Durian.

Festival ini digelar di Pulau Mutiara, Nagari Lubuk Gadang Utara, Solok Selatan yang kaya akan pohon durian yang berumur ratusan tahun dan juga didukung oleh pemerintah provinsi setelah ditetapkannya Nagari ini sebagai agrowisata durian di Sumatera Barat.

Festival durian di Solok Selatan merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan dan menjadi satu-satunya di Sumatera Barat.

Dalam festival ini dilaksanakan berbagai kegiatan di antaranya kontes durian dan makan durian sepuasnya, lomba memancing ikan larangan, pameran UMKM dan alat pertanian, jualan paket durian, offroad hingga lomba foto selfie dan Tiktok Chalenge.

Pada puncak kegiatan Festival akan yaitu hari ini akan dibagikan 2.500 buah durian kepada masyarakat yang datang ke lokasi kegiatan.

Pewarta: Rahmatul Laila

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024