Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong melakukan penjaringan calon peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Bengkulu yang akan digelar 4-10 Juni 2024.

Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Rejang Lebong Sumardi saat membuka MTQ tingkat daerah itu di Masjid Agung Baitul Makmur Rejang Lebong di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan MTQ tingkat Provinsi Bengkulu pada 2024  dilaksanakan di Kota Argamakmur, Kabupaten Bengkulu Utara.

"Para juara di MTQ tingkat Kabupaten Rejang Lebong ini nantinya akan mewakili Kabupaten Rejang Lebong di MTQ tingkat Provinsi Bengkulu pada bulan Juni nanti," kata dia.

Dia menjelaskan MTQ Ke-48 Tahun 2024 Kabupaten Rejang Lebong dilaksanakan 23-25 April dengan melombakan enam cabang dengan jumlah peserta 115 kafilah berasal dari 15 kecamatan di daerah itu.

Ia mengatakan tujuan kegiatan itu untuk pengembangan syiar Islam dan penjaringan calon peserta MTQ tingkat Provinsi Bengkulu.

"Kegiatan MTQ ini merupakan agenda rutin pemerintah daerah hingga pusat. MTQ merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam ilahi. Sekaligus untuk meneguhkan kesuciannya, memperkuat keimanan dan memperluas fungsi edukatif dari kitab suci Al Quran," katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rejang Lebong yang juga Ketua Panitia Pelaksana MTQ Ke-48 Kabupaten Rejang Lebong Lukman menyebutkan peserta mengikuti lomba di cabang Tilawati Quran, Hifzil Quran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Khattil Quran, dan Karya Tulis Ilmiah Quran.

Dia mengatakan MTQ tingkat kabupaten setempat terselenggara atas kerja sama Kantor Kemenag dan Pemkab Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024