Mukomuko (Antara) - Harga tandan buah segar kelapa sawit di tingkat pabrik di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, dalam beberapa hari terakhir berkisar Rp940 - Rp975 per kilogram atau turun sekitar Rp100 dibandingkan beberapa hari sebelumnya.

"Kami setiap hari rutin meminta data harga tandan buah segar kelapa sawit ke pabrik. Sekarang ini harganya turun," kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko Wahyu Hidayat di Mukomuko, Kamis.

Ia menyebutkan, terhitung tanggal 24-26 November 2015, harga TBS kelapa sawit di PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA) sebesar Rp945 per kilogram, PT Karya Sawitindo Mas (KSM) Rp940/kg, PT Mukomuko Indah Lestari (MMIL) Rp900/kg.

Kemudian, harga TBS kelapa sawit di PT AMK sebesar Rp975/kg, PT Dharia Darma Pratama (DDP) Rp960/kg.

Ia mengatakan, harga TBS kelapa sawit itu turun dibandingkan data harga TBS kelapa sawit pada 11 November 2015, yakni di PT KSM sebesar Rp970/kg, PT MMIL Rp990/kg,PT SSJA Rp950/kg.

Menurutnya, harga terbaru TBS kelapa sawit di sejumlah pabrik itu lebih rendah dibandingkan dengan harga yang ditetapkan oleh tim penetapan harga TBS kelapa sawit Pemerintah Provinsi Bengkulu pada dua pekan lalu yakni sebesar Rp1.015/kg.

Dari harga terendah tersebut, katanya, pabrik kelapa sawit di daerah itu diberikan toleransi sebesar lima persen untuk membeli TBS kelapa sawit petani, yakni sebesar Rp965 per kilogram.

"Kita memakai standar harga TBS kelapa sawit yang ditetapkan oleh tim. Sampai ada rapat penetapan harga TBS kelapa sawit," ujarnya.

Selanjutnya, katanya, pihaknya akan memberikan surat teguran agar perusahaan pengolahan minyak mentah kelapa sawit membeli sawit petani sesuai dengan harga yang ditetapkan oleh tim. ***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015