Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu melakukan uji kemampuan terhadap 62 calon pengawas kecamatan (panwascam) Pilkada serentak Tahun 2024 dari jalur umum untuk enam kecamatan di wilayah itu.

Ketua Bawaslu Rejang Lebong Ahmad Ali saat dihubungi di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan pada Pilkada Tahun 2024 ini pihaknya membutuhkan 45 orang anggota panwascam guna ditempatkan dalam 15 kecamatan atau tiga orang per kecamatan.

"Hari ini tadi sebanyak 62 orang pendaftar baru untuk seleksi calon anggota panwascam di enam kecamatan menjalani tes tertulis menggunakan sistem computer assisted test atau CAT," kata dia.  

Dia menjelaskan, pelaksanaan CAT tersebut untuk memilih delapan orang guna mengisi jabatan panwascam pada enam kecamatan yang kuotanya tidak terpenuhi saat penilaian evaluasi existing panwascam Pemilu 2024 lalu.

Kalangan peserta yang mengikuti tes CAT ini, kata dia, nantinya akan diambil dua kali kebutuhan yakni sebanyak 16 orang, dengan rincian delapan orang nantinya akan menjadi panwascam terpilih dan delapan orang lagi sebagai calon pengganti antar waktu (PAW).

"Karena servernya ada di Bawaslu Provinsi Bengkulu sehingga kita masih menunggu hasil yang turun dari provinsi, pada tanggal 16 Mei nanti akan kita pleno-kan. Kemudian tanggal 18-20 Mei akan dilakukan tes wawancara," terangnya.

Sementara itu, untuk pemenuhan kuota keterwakilan perempuan dari 15 kecamatan di Rejang Lebong hanya ada satu kecamatan yang tidak ada kuota perempuannya yakni Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT).  

"Untuk pemenuhan kuota keterwakilan perempuan ini sebelumnya ada dua kecamatan yang kita buka pendaftaran agar bisa terpenuhi namun hanya Kecamatan Kota Padang yang terisi, sedangkan PUT tidak ada pendaftar. Namun secara keseluruhan kuota keterwakilan perempuan kita sudah mencapai 30 persen," tambah dia lagi.

Sebelumnya, Bawaslu Rejang Lebong pada 5-7 Mei 2024 membuka pendaftaran seleksi calon Panwascam untuk enam kecamatan dari jalur umum karena tidak terpenuhi saat penilaian evaluasi existing panwascam Pemilu 2024 lalu.

Enam kecamatan ini yakni Kecamatan Curup dua orang, Kecamatan Bermani Ulu dua orang. Kemudian Kecamatan Selupu Rejang, Sindang Beliti Ilir, Kota Padang dan Kecamatan Padang Ulak Tanding masing-masing satu orang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024