Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan pelaksanaan job fair atau bursa kerja yang dilaksanakan di daerah itu membuka 590 lowongan pekerjaan.

"Job fair yang kita laksanakan kali ini diikuti 42 perusahaan dengan 590 lowongan pekerjaan. Jumlah pencari kerja yang datang kali ini kami perkirakan mencapai ribuan orang, karena yang dibutuhkan cukup banyak yakni 590 orang," kata Kepala Disnakertrans Rejang Lebong Syamsir di sela-sela kegiatan job fair bertempat di Gedung Serba Guna Rejang Lebong, Kamis.

Dia menjelaskan kalangan pencari kerja yang datang ke lokasi job fair yang dibuka mulai pagi hingga sore hari tersebut selain berasal dari Kabupaten Rejang Lebong juga dari daerah tetangga seperti Kabupaten Kepahiang dan Lebong serta dari wilayah Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

"Pencari kerja dari luar daerah silahkan mendaftar, tetapi sudah kami sampaikan kepada pihak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja ini agar memprioritaskan masyarakat Rejang Lebong," cakapnya.

Adapun perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan di job fair Kabupaten Rejang Lebong kali ini, kata dia, berasal dari sejumlah perusahaan swasta lokal, regional dan nasional, BUMD maupun BUMN.

Sementara itu Wakil Bupati Rejang Lebong Hendra Wahyudiansyah menyatakan job fair yang digelar pemkab setempat untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Rejang Lebong, karena angka pengangguran di daerah itu tercatat sebanyak 2,9 persen.

Menurut dia, Pemkab Rejang Lebong telah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan perusahaan-perusahaan swasta lokal maupun nasional guna bisa menyerap tenaga kerja asal daerah itu yang setiap tahunnya terus bertambah.

"Peluang usaha di Kabupaten Rejang Lebong ini sebenarnya cukup tinggi, namun mereka terkendala permodalan sehingga menjadi PR kita bersama agar bisa membantu mereka," terangnya.

Sedangkan Kepala Disnakertrans Provinsi Bengkulu Syarifuddin dalam kesempatan itu menyebutkan kegiatan job fair di Kabupaten Rejang Lebong ini merupakan yang pertama di gelar di Provinsi Bengkulu pada Tahun 2024.

"Kami mengapresiasi Kabupaten Rejang Lebong memulai kegiatan job fair ini, sudah tiga tahun melaksanakannya, terbukti angka penganggurannya di bawah provinsi dan nasional. Semoga ditiru oleh kabupaten lain," ucapnya.*

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024